ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Rabu, 26 Juli 2017

Bupati Jepara Minta Calhaj Jaga Kesehatan

| 639 Views
id Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, calhaj
Bupati Jepara Minta Calhaj Jaga Kesehatan
Ilustrasi - Calon Haji (Calhaj) (ANTARA FOTO/Suryanto)
Jepara, ANTARA JATENG - Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meminta calon jamaah haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang akan berangkat ke Tanah Suci 2017, menjaga kesehatan fisik serta mental.

"Jangan menganggap remeh untuk memelihara kebugaran jasmani dan mental karena sangat dibutuhkan dalam menjalankan ibadah haji yang membutuhkan kebugaran fisik," ujarnya saat pembukaan bimbingan manasik haji secara massal di Gedung Haji Jepara, Selasa.

Setidaknya, lanjut dia, ketika kesehatan fisik terjaga, dalam melaksanakan semua prosesi ibadah haji bisa terlaksana dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Jepara Nor Rosyid dalam laporan pembukaan bimbingan manasik massal mengungkapkan, jumlah calon jamaah haji asal Jepara yang akan diberangkatkan sebanyak 1.105 orang.

Jumlah itu meliputi 502 calon haji laki-laki dan 603 calon haji perempuan.

Nor Rosyid mengatakan Kabupaten Jepara mendapatkan alokasi kuota haji sebanyak 1.112 orang.

Dari jumlah tersebut, katanya, untuk tahap pertama terdapat 1.074 calon jamaah haji yang melunasi, kemudian tahap kedua terdapat 29 calon jamaah haji.

"Totalnya ada 1.103 calon jamaah haji yang melunasi, ditambah dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) ada sembilan orang, sehingga jamaah asal Jepara yang berhak berangkat sebanyak 1.112 orang," ujarnya.

Hanya saja, lanjut dia, terdapat beberapa calon haji yang melakukan mutasi keberangkatan sehingga jumlah calon jamaah haji yang berangkat dari Kabupaten Jepara berdasarkan kloter keberangkatan sebanyak 1.107 orang.

"Seiring berjalannya waktu, terdapat dua orang calon haji yang sudah lunas, namun batal berangkat karena meninggal dunia," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, jumlah calon jamaah haji yang berangkat dari Kabupaten Jepara direncanakan sebanyak 1.105 orang.

Jumlah tersebut, kata Rosyid, terbagi menjadi empat kelompok terbang (kloter).

Untuk kloter 41 terdapat 355 calon haji, kloter 93 terdapat 103 calon haji, kloter 94 terdapat 355 calon haji, dan kloter 95 terdapat 292 calon haji.

Adapun jadwal keberangkatannya, untuk kloter 41 pada tanggal 8 Agustus 2017, kloter 93 pada 24 Agustus 2017 dan kloter 94 dan kloter 95 diberangkatkan pada 25 Agustus 2017.

Dari ribuan calon jamaah haji tersebut, tercatat ada satu calon haji termuda dengan usia 19 tahun asal Desa Batukali, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara, sedangkan yang tertua berusia 87 tahun asal Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca