ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Rabu, 18 Oktober 2017

Ganjar: Jalan Tol Tingkatkan Perekonomian

| 491 Views
id Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo
Ganjar: Jalan Tol Tingkatkan Perekonomian
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Semarang, ANTARA JATENG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap penyelesaiaan pembangunan dan pengoperasian jalan tol yang melintas di provinsi setempat bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Biasanya kalau transportasi lancar, perekonomiannya bagus," katanya di sela mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga, di Kabupaten Semarang, Sabtu.

Menurut Ganjar, dengan dioperasikan sejumlah ruas jalan tol di Jateng yang menghubungkan dengan provinsi lain, maka masyarakat menjadi terfasilitasi dengan baik terkait dengan transportasi.

"Mudah-mudahan (dengan pengoperasian beberapa ruas jalan tol, red.) tidak lagi terjadi kemacetan parah di Brexit (Brebes exit) untuk yang kedua kali," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Kendati demikian, Ganjar mengakui jika semua pihak tidak bisa hanya mengandalkan jalan tol saja terkait dengan kelancaran transportasi, melainkan perlu ada sebuah manajemen transportasi.

"Harus `inline` dengan antarterminal angkutan, mesti sebagian dipindahkan ke jalur kereta api yang diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan transportasi agar jalan tidak rusak serta lalu lintas menjadi lancar," katanya.

Jalan tol Semarang-Solo sepanjang 72.64 km yang dikelola oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. merupakan salah satu skala prioritas pembangunan jalan tol oleh pemerintah saat ini dan telah sesuai dengan tata ruang terpadu yang disusun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta diharapkan dapat mempercepat pengembangan wilayah tersebut.

Jalan tol Semarang-Solo yang menghubungkan Kota Semarang dan Surakarta (Solo) memiliki arti penting bagi denyut nadi perekonomian di daerah yang dilintasi, yaitu Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo, serta Solo.

Jalan tol Semarang-Solo memperkuat potensi pengembangan wilayah, khususnya untuk mendukung pergerakan perekonomian melalui peningkatan kelancaran arus barang dan jasa.

Jalan tol Semarang-Solo sebagai bagian dari Trans Jawa yang melintas di jalur pantura juga berperan penting dalam membantu kelancaran arus mudik balik Lebaran tiap tahun.

Dengan segera dioperasikan Jalan Tol Semarang-Solo itu, diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di jalan arteri serta memberikan alternatif bagi pengguna jalan untuk menuju ke kota tujuan dengan aman, lancar, dan nyaman.

Editor: M Hari Atmoko

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca