ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Jumat, 23 Juni 2017

Holcim Inisiasi Pembangunan Kampung Sehat di Cilacap

| 220 Views
id holcim, kampung sehat, cilacap
Holcim Inisiasi Pembangunan Kampung Sehat di Cilacap
Pelajar sekolah dasar yang menjadi Pasukan Pencari Jentik (Pascantik) berperan aktif untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat dalam program Kampung Sehat yang diinisiasi PT Holcim Indonesia Tbk di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Dok. Holcim)
Cilacap, ANTARA JATENG - PT Holcim Indonesia Tbk menginisiasi pembangunan Kampung Sehat di Kelurahan Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kata Corporate Communications PT Holcim Indonesia Tbk Denny Nuryandain.

"Holcim melakukan terobosan untuk membangun Kampung Sehat, yakni sebuah perkampungan di mana masyarakatnya berperilaku sehat dengan lingkungan yang sehat dan bersih," katanya di Cilacap, Senin.

Ia mengatakan terobosan yang diinisiasi Holcim itu berawal dari beberapa kasus demam berdarah yang merenggut korban jiwa sehingga meninggalkan duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan.

Menurut dia, berbagai upaya pencegahan terus dilakukan agar kasus demam berdarah yang merenggut korban jiwa tidak terulang.

"Oleh karena itu, kami menginisiasi pembangunan Kampung Sehat. Sebagai proyek percontohan untuk Kampung Sehat, Holcim telah memilih masyarakat yang tinggal di Jalan Veteran RW 03, Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan," katanya.

Ia mengatakan lingkungan RW 03 tersebut dihuni 270 keluarga dengan jumlah warga sebanyak 949 jiwa yang terdiri atas 447 perempuan dan 502 laki-laki.

Dalam upaya mendukung kelancaran program Kampung Sehat, pihaknya telah membentuk Pasukan Pencari Jentik (Pascantik) yang terdiri atas 30 pelajar kelas 4-5 sekolah dasar dan merupakan warga RW 03.

Menurut dia, personel Pascantik telah mengikuti pelatihan dan pembekalan dari petugas Puskesmas Cilacap Selatan.

"Setiap bulan, personel Pascantik akan rutin memeriksa setiap rumah untuk mencari jentik serta memeriksa lingkungan untuk memastikan agar tetap bersih dan sehat," katanya.

Selain Pascantik, kata Denny, masyarakat juga diajak dan diajari memanfaatkan sampah rumah tangga dengan membentuk Bank Sampah Mandiri, menanam pohon penghijauan maupun pohon produktif di sekitar halaman rumah, dan meningkatkan budaya bersih bersih dengan rutin kerja bakti.

Menurut dia, pihaknya juga merencanakan senam bersama secara rutin saat hari libur untuk meningkatkan kebugaran warga.

"Ini upaya kami bersama pemerintah daerah, masyarakat dan dunia pendidikan atau mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) untuk membantu masyarakat peduli dengan kebersihan dan kesehatan di dalam keluarga maupun lingkungannya," kata Denny.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca