ANTARA - Seekor ayam bangkok jantan milik Tahmidin (54), warga Kendalsari, Kelurahan Purworejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mempunyai keunikan dengan dubur ganda berjajar di bawah ekor unggas itu.




Tahmidin di Temanggung, Minggu, mengatakan bahwa dua dubur ayam yang baru berumur sekitar empat bulan tersebut berfungsi normal.

"Kondisi ayam berdubur ganda tersebut baru kami tahu sekitar dua pekan lalu dari tetangga yang saat itu datang ke kandang ingin melihat anak ayam bangkok," katanya.

Ia mengatakan bahwa tetangga tersebut semula ingin melihat ayam itu dari dekat karena agak aneh bulu ekor tumbuh di bawah "brutu". Setelah diamati ayam itu berdubur dua.

Sebelum diketahui ada keanehan, kata dia, ayam itu diperlakukan seperti ayam lainnya. Kini, pemeliharaan secara khusus, dan dikandangkan secara terpisah
Menurut dia, ada beberapa orang yang bermaksud membeli ayam tersebut karena unik. Namun, dia tidak melepaskannya.

"Sudah ada yang menawar dua juta rupiah, namun saya tidak melepasnya karena ayam tersebut termasuk langka," ujarnya.

Tahmidin memelihara ayam bangkok sejak 2009 sebagai hobi. Kini, dia memiliki sekitar 120 ekor ayam bangkok.

Ketertarikannya pada ayam bangkok karena bentuk ayam yang bagus, atletis, dan suara yang bagus.

Selain itu, kata dia, nilai jual ayam bangkok relatif tinggi. Ayam berumur sekitar delapan bulan dengan tubuh proporsional, pada umur delapan bulan rata-rata per ekor laku Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.

"Warga luar kota, dari Purwokerto, Yogyakarta, Semarang, dan Magelang sering datang ke tempat kami untuk membeli ayam," katanya.



Editor : Achmad Zaenal M


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar