ANTARA Jateng - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Maritim Semarang meminta masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai utara mewaspadai tingginya air pasang atau rob pada akhir April hingga Mei.

"Mulai 26 April hingga 4 Mei, air pasang di atas satu meter. Bahkan pada 12 Mei tinggi air pasang maksimal mencapai 122 sentimeter," kata prakirawan BMKG Maritim Semarang Sri Mulyani di Semarang, Kamis.

Waktu air pasang terjadi pagi hari dan siang hari, sedangkan puncak ketinggian air pasang rata-rata terjadi pada sore hari dan surutn pada tengah malam.

"Tahun-tahun sebelumnya, memang pada April dan Mei air pasang tinggi rata-rata di atas satu meter," katanya.

Untuk akhir April 2012, air pasang paling tinggi diperkirakan terjadi pada 29 dan 30 dengan ketinggian air pasang mencapai maksimal 113 sentimeter pada pukul 15.00 WIB dan mulai surut pukul 19.00 WIB menjadi 70 sentimeter dan surut minimal pukul 23.00 WIB (20 sentimeter).

Ketinggian air pasang pada 26 hingga 28 April, lanjut Sri Mulyani, juga sudah di atas satu meter yakni 103 sentimeter (26 April), 104 sentimeter (27 April), dan 112 sentimeter (28 April).

Pasang dan surut air laut secara periodik tersebut dipengaruhi oleh gaya tarik benda-benda langit, gaya gravitasi bumi, gaya sentrifugal, serta penurunan tanah di pelabuhan dan sekitarnya per tahun sekitar 10 sentimeter.

Penurunan tanah disebabkan beberapa faktor antara lain jenis tanahnya yang belum padat dan sulit atau lama untuk padat, banyak bangunan, banyak sumur-sumur artesis dan pengambilan air tanah, dan pengerukan lumpur di pelabuhan secara periodik.

Air laut semakin ke darat karena banyaknya sedimentasi, banyaknya tambak-tambak yang diuruk untuk bangunan sehingga berkurang penampungan air laut, dan buruknya saluran-saluran air dan kurang maksimalnya fungsi pompa-pompa air.

"Kami prakirakan untuk Mei 2012 air pasang maksimal terjadi pada 12 Mei yang mencapai 122 sentimeter," katanya.

Pada 11 Mei air pasang sudah mencapai 121 sentimeter, kemudian mencapai tinggi maksimal 122 pada 12 Mei, dan kembali 121 sentimeter pada 13 Mei 2012. Waktu pasang mulai pukul 14.00 WIB dan pukul 15.00 WIB dan mulai surut sekitar pukul 18.00 WIB.

Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar