Ilustrasi Bendung (ANTARA/Jafkhairi)

Berita Terkait
ANTARA Jateng - Warga Desa Padangsari, Kecamatan Majenang, Cilacap, mengharapkan perbaikan bendung Cilumuh segera diselesaikan agar ratusan hektare sawah tidak terancam kekeringan pada musim kemarau.

"Hingga saat ini, perbaikan bendung Cilumuh di Desa Cilopadang (Kecamatan Majenang) belum selesai, padahal sawah seluas 415 hektare di Desa Padangsari sangat tergantung pada bendung tersebut," kata Kepala Desa Padangsari, Mustangin, di Majenang, Rabu.

Menurut dia, saat ini petani di Desa Padangsari sedang memasuki masa panen dan sebagian di antaranya mulai menyiapkan benih untuk musim tanam berikutnya.

Dengan demikian, kata dia, petani yang telah memulai pembenihan diperkirakan dapat tanam saat wilayah Majenang masih diguyur hujan.

Akan tetapi, petani yang saat ini masih panen, lanjut dia, diperkirakan baru mulai tanam saat memasuki musim kemarau, sedangkan perbaikan bendung Cilumuh direncanakan akan dilanjutkan sekitar bulan Mei atau Juni sehingga penyelesaiannya kemungkinan tidak sesuai dengan jadwal.

Ia mengatakan bahwa petani Desa Padangsari telah berulang kali mempertanyakan kapan perbaikan bendung Cilumuh akan dilanjutkan.

"Kabar terakhir yang kami peroleh, BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citanduy belum ada kepastian dana dari pusat," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Pemerintah Desa Padangsari bersama Pemdes Mulyadadi, Mulyasari, dan Pahonjean mengirimkan surat berisi dukungan bagi Pemdes Cilopadang untuk mendesak pemerintah segera melanjutkan perbaikan Bendung Cilumuh.



Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar