Semarang, ANTARA Jateng - Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah akan ikut menggalang dana untuk pembangunan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru.



"Kami dari KP2KKN Jateng akan memulai saweran, mengumpulkan uang untuk yang recehan. Sementara untuk yang jumlah besar bisa dengan dikirim via rekening," kata Kepala Divisi Monitoring Kinerja Penegak Hukum KP2KKN Eko Haryanto di Semarang, Rabu.

KP2KKN akan melakukan aksi turun jalan ke sejumlah lampu traffic light layaknya penggalangan dana untuk bencana alam.

"Pengumpulan dana adalah bagian dari bentuk dukungan KP2KKN terhadap KPK dan kami mengajak siapa saja yang tergugah hatinya untuk menegakkan antikorupsi dapat memberikan sumbangan, bisa berupa hibah," katanya.

Sumbangan hibah tersebut, lanjut Eko, terdapat aturan dasarnya yakni UU No 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan Peraturan Pemerintah No 10 tahun 2011 tentang Tata Cara Pengadaan Pinjaman Luar Negeri dan Penerimaan Hibah.

"Kami akan mulai turun jalan menggalang dana ini pada Kamis, 28 Juni hingga dua minggu ke depan," katanya.

Sementara untuk yang ingin memberikan bantuan melalui rekening, bisa mengirimkan ke rekening Bank BNI Cabang Melawai Raya Jakarta Selatan Nomor: 0056124364 atas nama Perkumpulan ICW.

Penyumbang mencantumkan nama jelas untuk kepentingan akuntabilitas dan menghindari potensi adanya pencucian uang dan jumlah sumbangan tidak melebih Rp10 juta per orang per bulan.

"Hasil penggalangan dana tersebut akan dibuka dan diaudit," katanya.

Eko menambahkan bahwa aksi penggalangan dana tersebut bagian dari simbol perlawanan masyarakat terhadap mereka yang berkuasa soal anggaran.

Editor : Wisnu Adhi Nugroho


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar