Sejumlah kendaraan melewati genangan air rob (luapan air laut), di Jalan Ronggowarsito Semarang, Jateng, Kamis (7/6). Pemerintah Kota Semarang hingga saat ini masih belum mampu mengatasi masalah rob yang terjadi karena beberapa faktor, seperti adanya reklamasi pantai, pengambilan air bawah tanah, dan penurunan lapisan tanah antara 5-10 cm setiap tahunnya . FOTO ANTARA/R. Rekotomo/tom/12.

Berita Terkait
Semarang, ANTARA Jateng - Pemerintah Kota Semarang terus membangun citra positif "Kota Lumpia" ini sebagai kota yang menarik, nyaman, dan tepat untuk dikunjungi wisatawan dengan terus memperbaiki infrastruktur dan melakukan berbagai upaya penanganan banjir.



"Kami ingin membangun citra positif Kota Semarang tidak lagi menjadi kota genangan tetapi menjadi Kota Kenangan," kata Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam temu pelaku wisata di Hotel Crown Semarang, Jumat.

Ia menjelaskan untuk mengubah citra tersebut saat ini masih dalam proses seperti banyaknya proyek penanganan banjir dan rob di Kota Semarang seperti Waduk Jatibarang, normalisasi sungai, dan pembuatan polder.

"Untuk mengubah dan menciptakan citra positif perlu waktu," katanya.

Hendrar Prihadi mengatakan untuk dapat menarik wisatawan, Kota Semarang tidak hanya memiliki potensi tempat wisata religi seperti Gereja Blenduk, Kawasan Kota Lama, dan Lawang Sewu, tetapi saat ini Pemkot Semarang juga tengah mempersiapkan sejumlah daerah sebagai Desa Wisata.

Kelurahan Nongkosawit dan Kelurahan Kandri saat ini di bawah binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tengah dipersiapkan menjadi Desa Wisata karena berada di kawasan wisata Waduk Jatibarang.

"Langkah tersebut adalah untuk dapat menarik wisatawan masuk ke Kota Semarang," katanya.

Pemkot Semarang, tambah Hendrar Prihadi, juga memiliki lahan 1 hektare yang sangat berpotensi bisa digunakan untuk pembangunan tempat rapat atau pertemuan.

"Ada di daerah Pedurungan. Ada tanah milik Pemkot Semarang seluas 1 hektare dan kami masih menunggu pihak ketiga yang berminat untuk menanamkan investasi," katanya.

Hendrar Prihadi menargetkan seluruh infrastruktur dan seluruh tempat wisata di Kota Semarang sudah siap bertepatan dengan Program Visit Jateng 2013.

Editor : Achmad Zaenal M


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar