Cilacap, ANTARA Jateng - Perusahaan Daerah Air Minum Cahaya Tirta, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menjamin ketersediaan pasokan air bersih bagi 57 ribu lebih pelanggannya.




"Meskipun musim kemarau masih berlangsung, pasokan air yang akan diolah menjadi air minum untuk kebutuhan pelanggan PDAM hingga saat ini masih tersedia," kata Direktur Umum PDAM Cahaya Tirta, Djumadi di Cilacap, Kamis.

Menurut dia, hal itu disebabkan PDAM tidak mengandalkan mata air sebagai sumber air yang akan diolah, melainkan memanfaatkan aliran sejumlah sungai di Kabupaten Cilacap.

Dalam hal ini, kata dia, untuk pelanggan PDAM di wilayah timur Cilacap diambil langsung dari Bendung Gerak Serayu di Desa Gambarsari, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, yang diolah di instalasi pengolahan air PDAM Cabang Kesugihan.

"Pelanggan tidak perlu khawatir, air dari PDAM tidak terintrusi air laut meskipun terjadi penurunan elevasi air Sungai Serayu karena kami langsung mengambil dari Bendung Gerak Serayu yang letaknya jauh dari muara sungai," katanya.

Menurut dia, air yang diolah di Kesugihan sempat terintrusi air laut pada tahun 1990-an karena saat itu instalasi pengolahan mengambil air Sungai Serayu yang berada tidak jauh dari tempat itu.

Oleh karena itu, kata dia, PDAM berinisiatif memindahkan sumber air baku ke Bendung Gerak Serayu yang disalurkan melalui jaringan khusus menuju instalasi pengolahan di Kesugihan.

Sementara untuk pelanggan di wilayah barat Cilacap, lanjutnya, PDAM mengolah air dari Bendung Menganti di Sungai Citanduy yang berbatasan dengan Jawa Barat.

Ia mengatakan, pemanfaatan air Bendung Menganti tersebut untuk melayani pelanggan di tujuh kecamatan, yakni Sidareja, Kedungreja, Patimuan, Bantarsari, Kawunganten, Gandrungmangu, dan Cipari.

"Saat ini, kami sedang mengoptimalkan pemanfaatan sumber air di Kecamatan Wanareja guna melayani pelanggan di Majenang dan sekitarnya," kata Djumadi.

Menurut dia, selama ini sumber air yang dimanfaatkan PDAM untuk melayani pelanggan di Kecamatan Majenang dan sekitarnya berasal dari Sungai Cijalu yang merupakan anak Sungai Citanduy, sedangkan pelanggan di Kecamatan Cimanggu dilayani dari mata air Pamijahan.

Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar