Berita Terkait
Boyolali, ANTARA Jateng - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Adi Soemarmo Surakarta di Boyolali, hingga Rabu, sudah memberangkatkan sebanyak 31.011 calon haji ke Tanah Suci dari 32.821 jumlah keseluruhan.



Berdasarkan pantauan di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, hingga pukul 12.00 WIB, PPIH embarkasi telah memberangkatan sebanyak 83 kelompok terbang (kloter) dari 89 kloter yang direncanakan.

Menurut Kepala Subbagian Pusat Pengumpulan dan Pengolahan Data PPIH Embarkasi Surakarta, Badrussalam, bahwa jumlah calon haji asal Jateng, daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kalimantan Tengah yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci tersebut sekitar 94,5 persen dari jumlah total calon haji 2012.

Rombongan calon haji kloter 83 asal Batang sebanyak 375 orang telah diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Sumarmo di Boyolali, pada pukul 07.25 WIB atau lebih cepat 20 menit dari waktu yang dijadwalkan.

"Pemberangkatan calon haji pada hari ini, yakni Kloter 84 asal Brebes yang rencananya diterbangkan sekitar pukul 13.15 WIB dengan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6018 menuju Bandara King Abdul Aziz Jedah," katanya.

Rombongan Kloter 84 asal Brebes tersebut ada empat dari 375 jemaah calhaj yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci, karena mereka manjalani perawatan di Rumah saki Moerwardi Solo.

Empat calon haji asal Brebes yang tertunda keberangkatannya tersebut yakni Ruisah (54), Resmi (72), Khulasoh (82), dan Tanya (74). Keempat calon haji dirawat di runah sakit menurut keterangan tim medis setempat karena kekuragan darah atau akibat kelelahan.

Selain itu, satu calon haji yang juga masih dirawat di RS Moewadi Solo, yakni Turifah (50) asal Batang, Jawa Tengah, yang tergabung Kloter 82.

"Calon haji yang sakit sehingga tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci itu, dapat ikut ke kloter selanjutnya atau yang terakhir pada Jumat (19/10), rombongan kloter 89," katanya.

Ia menjelaskan, PPIH Embarkasi Surakarta hingga hari ke-27 pemberangkatan Ke Tanah Suci, masih tersisa lima kloter lagi dengan jumlah 1.435 calon haji.

Menurut dia, calon haji dalam lima kloter terakhir akan diberangkatkan, Kamis (18/10) dan Jumat (19/10) atau kloter sapu jagat.

"PPIH Embarkasi Surakarta, Kamis (18/10) berangkatkan tiga kloter yakni 85 (Brebes), 86 (Brebes dan Tegal), dan 87 (Tegal dan Pemalang). Sedangkan, Jumat (19/10), kloter 88 (Pemalang) dan 89 (Pemalang dan Temanggung).

Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar