Seorang pengrajin Rustiani menyelesaikan proses pembuatan batik khas Kudus bermotif buah parijoto di sentra usaha kecil menengah batik Muria Batik Kudus, Kudus, Jateng, Rabu (12/6). Kementerian Koperasi dan UKM merancang skema subsidi untuk pelaku UMKM jika kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) diberlakukan tahun ini. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/tom/13.

Berita Terkait
Kudus, ANTARA Jateng - Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai dipersiapkan menjadi sentra batik Kudus dengan memberikan pelatihan membatik secara gratis kepada warganya.



Menurut Kepala Desa Karangmalang, Masbianto, di Kudus, Rabu, pelatihan membatik secara gratis ini sebagai tahap awal menuju sentra batik, agar mayoritas masyarakatnya bisa membatik.

Dengan adanya keahlian membatik tersebut, diharapkan masyarakat akan termotivasi untuk menekuni usaha batik tulis.

"Jika pertumbuhan usaha batik tulis di desa ini semakin berkembang, tentunya desa ini tidak hanya menjadi sentra batik, melainkan bisa pula dijadikan desa wisata batik dan bordir," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, usaha bordir sudah tumbuh berkembang di desa ini, sehingga dikenal sebagai sentranya usaha bordir dan konveksi.

Ia mengakui, untuk mengembangkan batik tulis tidak mudah, karena membutuhkan dukungan masyarakat, terutama dalam menekuni keahlian dalam membatik.

"Untuk menjadi seorang pembatik yang mahir, butuh waktu yang lama serta butuh ketekunan dalam belajar membatik," ujarnya.

Sebagai desa vokasi, katanya, Desa Karangmalang mendapatkan bantuan dari Provinsi Jateng sebesar Rp150 juta untuk mendukung pelatihan kewirausahaan membatik bagi warga sekitar.

Jumlah warga yang mendapat pelatihan membatik, katanya, berjumlah 100 orang yang dipilih dari setiap rukun tetangga (RT).

Adapun jumlah RT di Desa Karangmalang sebanyak 39 RT dengan jumlah keluarga di desa ini mencapai 2.868 keluarga dan 8.260 jiwa.

Dari puluhan warga yang mengikuti pelatihan membatik tersebut, katanya, akan diseleksi peserta yang dinilai berbakat.

Selanjutnya, kata dia, peserta yang lolos seleksi tersebut akan difasilitasi untuk mengembangkan keahlian barunya itu.



Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca
syifa diyah
assalam..aku boleh gabung tidak pak?kebetulan rumah ku di klumpit.

Jumat, 17 Mei 2013 10:27:15 WIB

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar