Magelang, ANTARA Jateng - Pabrik kayu lapis PT Surya Mandiri Jaya Sakti di Desa Krincing, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jumat, terbakar mengakibatkan puluhan meter kubik kayu siap olah hangus.


Kapolsek Secang AKP Edy Sugiyanto di lokasi kebakaran, mengatakan, titik api pertama kali diketahui dari salah satu tungku oven pabrik tersebut kemudian merambat ke tumpukan kayu yang sedang dikeringkan.

"Saat para pekerja akan beraktivitas, tiba-tiba timbul percikan api dan langsung membakar tumpukan kayu albasia tersebut," katanya.

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan sementara penyebab kebakaran diduga karena gesekan yang terjadi di mesin oven. Gesekan itu menimbulkan percikan api yang membakar kayu di sebelahnya dan akhirnya terjadi kebakaran.

"Banyak barang yang mudah terbakar di pabrik tersebut sehingga api cepat meluas, namun beruntung api bisa cepat dipadamkan," katanya.

Sekitar satu jam, katanya, kobaran api dapat dipadamkan setelah empat unit mobil pemadam kebakaran dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung, Kota Magelang dan Kabupaten Magelang datang ke lokasi kejadian.

Seorang karyawan pabrik mengatakan sebelum pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian, para pekerja di pabrik kayu lapi tersebut langsung berusaha memadamkan api dengan menyemprotkan air yang berasal dari tandon air pabrik itu.

"Setelah tim pemadam kebakaran datang, kami hanya bersiaga dan menyingkirkan tumpukan kayu-kayu tersebut," katanya.

Editor : Hernawan W


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar