Cilacap, ANTARA Jateng - Harga beras di tingkat pengecer di Cilacap, Jawa Tengah, terus mengalami lonjakan meskipun sebagian wilayah kabupaten itu telah selesai masa panen.



Informasi yang dihimpun dari pedagang beras eceran di Cilacap, Rabu, harga beras IR-64 kualitas medium telah mencapai Rp8.000 per kilogram atau naik Rp200 dari pekan sebelumnya yang masih sebesar Rp7.800.

Harga beras Cisadane telah mencapai Rp7.000 per kilogram atau naik Rp200 dari pekan sebelumnya Rp6.800.

Seorang pedagang beras, Sunardi, mengatakan kenaikan harga beras di tingkat pengecer disebabkan harga di penggilingan telah mencapai Rp7.300-Rp7.400 per kilogram untuk IR-64 medium dan Rp6.300-Rp6.400 untuk Cisadane.

Menurut dia, kenaikan harga tersebut disebabkan pasokan gabah dari petani ke penggilingan berkurang.

"Sebagian besar petani yang panen tidak menjual hasil panennya sehingga harga beras cenderung naik. Apalagi sekarang sebagian besar areal persawahan di Cilacap baru tanam," kata seorang pedagang beras, Sulardi.

Selain beras, kata dia, lonjakan harga juga terjadi pada gabah, yakni dari Rp4.500 per kilogram menjadi Rp5.000.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Hubungan Masyarakat Bulog Subdivre IV Banyumas M Priyono memperkirakan kenaikan harga beras tidak akan sampai di atas Rp8.000 per kilogram meskipun masa panen raya akan berlangsung pada Maret 2013.

"Harga beras di pasaran saat ini memang sudah jauh lebih tinggi dari harga pembelian beras yang kita tetapkan sesuai HPP (Harga Pedoman Pemerintah), namun diperkirakan tidak akan di atas Rp8.000 per kilogram," katanya.

Oleh karena harga di pasaran lebih tinggi, kata dia, rekanan lebih memilih menjual beras di pasar daripada ke Bulog.

Ia mengatakan saat ini Bulog Banyumas masih memiliki stok pangan sebanyak 34 ribu ton setara beras mencukupi kebutuhan hingga Mei 2013 meskipun telah dikurangi untuk penyaluran raskin.

"Bahkan, kalau butuh untuk operasi pasar, stok tersebut diperkirakan masih cukup hingga Mei 2013," katanya.

Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca
ejJvshVugpgA
saya udah setor tunai via mesin bca ke rek bospulsa, sltaeeh itu saya langsung konfirmasi seperti kalau transfer, tapi lama gak ada reply dari bospulsa. gimana caranya konfirmasi jika setor tunai seperti diatas.terimakasih.Admin : @Ilham: Terima kasih atas masukkannya. Sebaiknya jangan pakai CDM, kalau pun pakai CDM tolong kasihtahu kalau lewat CDM. Maaf kemarin agak telat karena kita kesulitan mengecek tanpa keterangan yang jelas. Saran: Sebaiknya jumlahnya jangan bulat biar enak ngeceknya.Terima Kasih atas kesetiaannya.

Rabu, 26 Des 2012 22:24:32 WIB

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar