Mantan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suwarno saat diwawancarai sejumlah wartawan di Semarang, Rabu.

Berita Terkait
Semarang, ANTARA Jateng - Mantan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suwarno mengaku siap meramaikan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2013 dengan maju sebagai calon gubernur.



Suwarno ditemui di sela-sela acara Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jateng di Semarang, Rabu, mengatakan kesiapannya maju sebagai calon gubernur Jateng setelah dirinya mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, baik partai politik, ulama, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, serta dari sesepuh.

Soal kendaraan politik, Suwarno mengaku sudah menjalin komunikasi dengan dua partai politik berbasis agama dan tengah mendekati partai politik berbasis nasionalis.

"Kami berharap minggu pertama Januari 2013 sudah dapat kepastian tentang nama partai politik pengusung," kata Suwarno yang sekarang masih menjabat sebagai Kepala Badan Diklat Kementerian Pertahanan.

Di pengujung pengabdiannya sebagai TNI bulan Juni 2013, Suwarno ingin ikut membangun Jawa Tengah yakni menjadikan desa tidak sekadar sebagai objek pembangunan tetapi juga subjek.

"Ke depan Indonesia dihadapkan pada persoalan ketahanan pangan dan ketahanan air. Kita harus menyiapkan Jawa Tengah menjadi lebih baik dan produktif. Saat ini pemanfaatan lahan belum maksimal, baik lahan pekarangan maupun lahan sawah," katanya.

Menurutnya jika setiap kabupaten/kota masing-masing memiliki produk unggulan seperti Demak dengan jambu air, Brebes dengan telur asin dan bawang merah, begitu juga dengan kabupaten dan kota yang lain, maka Jateng akan memiliki daya saing dan mandiri.

Tidak hanya pertanian, tetapi potensi di bidang perikanan dan peternakan di Jawa Tengah dapat lebih dapat dimaksimalkan.

"Jika Gubernur Jateng sekarang ini sudah punya program membangun desa, saya ingin ada percepatan pembangunan di perdesaan sebagai basis ekonomi," katanya.

Suwarno optimistis sisa waktu tiga bulan ke depan menjelang Pilgub Jateng 26 Mei 2013, dirinya dapat memanfaatkannya dengan baik termasuk untuk lebih mengenalkan dirinya kepada masyarakat Jawa Tengah.

Ia juga mengaku tidak ingin mencampuradukkan olahraga dengan politik. Sementara terkait dengan pendampingnya, Suwarno berharap bisa mendapatkan calon wakil gubernur perempuan sebagai keterwakilan gender.

"Siapa dia (calon wakil gubernurnya), yang terpenting merupakan kader yang dapat mewakili seluruhnya," demikian Suwarno.

Editor : Nur Istibsaroh


Komentar Pembaca
dewi kausar
memang layak untuk no. di jawa tengah

Selasa, 26 Peb 2013 18:16:39 WIB

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar