Borobudur, ANTARA Jateng - Tiga seniman lukis di Jawa Tengah pamerkan hasil karyanya di galeri Hotel Amanjiwo, Borobudur, Kabupaten Magelang.



Pameran bertajuk "Spirit of Java" tersebut dibuka oleh Kapolres Magelang AKBP Guritno Wibowo, Sabtu petang.

Pameran yang menampilkan 18 lukisan karya Nurfuad, Putut Wahyu Widodo, dan Umar Chusaeni tersebut akan berlangsung selama tiga bulan.

Nurfuad dan Umar yang tinggal di sekitar Candi Borobudur, hasil karyanya tidak lepas dari kehidupan di sekitar candi Buddha tersebut.

Karya Nurfuad bertutur tentang semangat sukacita masyarakat desa sebelum dan sesudah panen padi.

Rasa syukur kepada Tuhan, sikap pasrah, dan berserah diri, serta selalu optimistis dan berpikiran positif para petani, dia tuangkan lewat karya berjudul "Stupa Kebahagiaan".

Ajaran-ajaran Buddha mengenai kesederhanaan, cinta kasih terhadap sesama dan makhluk hidup lainnya juga dia tuangkan ke dalam hasil karyanya.

Umar melukis tentang keceriaan dan semangat hidup para petani yang selalu membara setiap hari. Semangat orang-orang desa dalam menjaga keluhuran budi pekerti, kecintaan melestarikan kebudayaan, serta melestarikan kesenian rakyat juga tidak luput menjadi objek dan subjek lukisannya.

Ketua Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) tersebut menampilkan karyanya dengan judul, antara lain, "Enjoy the Life", "Jawa Wisdom", "Friendly", dan "Dancer".

Putut yang tinggal di Semarang mengangkat ajaran-ajaran bijak dari para leluhur ke dalam karya-karyanya. Kisah kasih dan asmara para pemuda yang sedang mengalami masa pertumbuhan, juga keindahan masa kecil ketika masih bayi ditimang ibunya dengan melantumkan tembang macapat diapresiasikannya dengan bahasa visual di beberapa lukisannya. Judul karyanya, antara lain, "Asmaradana" dan "maskumambang".

Editor : M Hari Atmoko


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar