Pelaksana Tugas Kepala Disnakersostran Kabupaten Magelang Imam Fatchi (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan program keluarga harapan kepada perwakilan warga di Magelang, Jumat (18/1). (Sukindro Atmaja/Humas Pemkab Magelang).

Berita Terkait
Magelang, ANTARA Jateng - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan program keluarga harapan dalam rangkaian upaya penanggulangan kemiskinan di daerah itu.

Penyaluran bantuan itu oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sosial, dan Transmigrasi Pemkab Magelang Imam Fatchi kepada perwakilan masyarakat dengan dipusatkan di aula Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kecamatan Srumbung di Magelang, Jumat.

"Bantuan program ini diberikan setiap triwulan sekali, selama kurun waktu enam tahun," kata Bupati Magelang Singgih Sanyoto dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Imam Fatchi.

Pemkab Magelang, katanya, melalui rencana pembangunan jangan menengah (RPJMD) 2011-2014 menargetkan pengurangan tingkat kemiskinan antara 11-13 persen.

Ia mengatakan salah satu upaya untuk mencapai target tersebut melalui strategi penanggulangan kemiskinan daerah.

"Setiap satuan kerja perangkat daerah mendorong penggunaan anggaran yang bersumber dari APBD ke arah kegiatan yang memihak pada masyarakat miskin," katanya.

Ia mengatakan salah satu upaya penanggulangan kemiskinan di daerah itu adalah program keluarga harapan (PKH), sedangkan praktiknya melalui pemberian bantuan tunai kepada rumah tangga sangat miskin.

Rumah tangga kategori itu antara lain dalam keluarga terdapat ibu hamil atau ibu nifas, balita, dan anak usia pendidikan dasar.

Secara nasional, katanya, program tersebut sejak 2007, sedangkan di Kabupaten Magelang mulai 2012 dengan alokasi dana program berasal dari Kementerian Sosial.

Pada triwulan keempat 2012 dana sebesar Rp4.972 miliar untuk alokasi kepada 15.116 keluarga yang antara lain terdiri atas 288 ibu hamil, 9.879 balita, 14.714 siswa SD, 5.809 siswa SMP yang tersebar di 21 kecamatan.

Penerima bantuan PKH di Kecamatan Srumbung di kawasan barat daya Gunung Merapi sebanyak 371 keluarga yang tersebar di 16 desa dengan jumlah bantuan Rp132.250.000.

Editor : M Hari Atmoko


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar