Aktivitas Gunung Merapi terlihat dari Kawasan Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (22/10). (ANTARA/ Wahyu Putro A)

Berita Terkait
Magelang, ANTARA Jateng - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang beranggotakan beberapa organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, akademisi, jurnalis, dan relawan.
Bupati Magelang Singgih Sanyoto dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Bidang I, Agung Trijaya, pada pengukuhan FKDM di Magelang, Senin, mengatakan FKDM merupakan wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk untuk menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

Pembentukan FKDM sebagai pelaksanaan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah. Selanjutnya di Kabupaten Magelang telah ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Surat Keputusan Bupati Magelang Nomor: 188.45/162/KEP/14/2012.

Bupati juga berharap para camat untuk dapat membantu dan memfasilitasi terbentuknya FKDM kecamatan karena di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri tersebut juga mengamanatkan pembentukan FKDM di tingkat kecamatan.

Ia mengatakan, secara umum kondisi geografis wilayah Kabupaten Magelang merupakan wilayah yang berbentuk "cawan" karena dikelilingi oleh sejumlah gunung, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Gunung Telomoyo dan pegunungan Menoreh serta ditengah nya Gunung Tidar.

Kondisi tersebut menjadikan wilayah Kabupaten Magelang rawan terhadap bencana alam, seperti bencana alam dari Gunung Merapi baik letusan maupun lahar yang masih mengancam sampai saat ini karena banyak material letusan masih berada di lereng Gunung Merapi.

Selain itu, juga rawan bencana alam lainnya, yakni tanah longsor dan puting beliung.

Ia mengatakan, dengan kondisi wilayah yang rawan terhadap bencana alam, wilayah Kabupaten Magelang yang berada pada jalur lalu lintas Semarang-Yogyakarta, juga rawan gangguan keamanan.

"Oleh karena itu keberadaan FKDM menjadi sangat penting dan strategis dalam upaya membantu pemerintah daerah mewujudkan ketenteraman, ketertiban, dan perlindungan masyarakat," katanya.

Editor : Nur Istibsaroh


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar