ilustrasi

Berita Terkait
Magelang, Antara Jateng - Pembuatan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, hingga awal Februari 2013 yang sudah jadi sebanyak 664 ribu, atau 80 persen dari total sebanyak 830 ribu.
Kabid Informasi dan Data Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magelang Ali Faiq di Magelang, Minggu, mengatakan, sebanyak 664 ribu e-KTP sudah diterima Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magelang, namun hingga saat ini belum dibagikan ke masyarakat.

"Sisa e-KTP yang belum jadi masih menunggu dari Pusat. Kami tetap baru akan membagikan E-KTP pada bulan Maret mendatang meskipun seandainya bulan Februari ini sudah datang semua," katanya.

Ia mengatakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sedang menyiapkan prosedur paling efektif yang akan dilakukan dalam pembagian e-KTP.

"Ada dua opsi yang kami rencanakan, yaitu dibagi di kecamatan atau di balai desa masing- masing," katanya.

Ia mengatakan pada saat pembagian e-KTP, warga juga akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki data yang belum sesuai atau validasi data.

"E-KTP yang akan dibagikan sangat mungkin terjadi kesalahan sehingga ketika dibagikan besok, sekalian melakukan validasi aktivasi. Warga supaya segera melaporkan tentang kekurangan atau kesalahan yang ada di e-KTP tersebut," katanya.

Menyinggung perekaman data yang hingga saat ini masih dilakukan, dia mengatakan, pemerintah pusat telah menyebarkan surat edaran yang intinya memperpanjang masa perekaman e-KTP hingga 31 Oktober 2013.

"Untuk itu, KTP lama masih akan diberlakukan hingga 31 Oktober 2013. Setelah itu, harus diserahkan ke kami," katanya.

Validasi data e-KTP yang sudah dibagikan, katanya, juga masih akan digratiskan selama belum melebihi batas waktu 31 Oktober 2013. Setelah itu, Pemkab Magelang akan menerapkan Perda yang saat ini sedang digodok.

"Blangko e-KTP kemungkinan dari pusat, tetapi tentang ada biaya atau tidaknya menunggu Perda disahkan dulu," katanya.

Editor : Nur Istibsaroh


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar