Jumat, 06 Maret 2015

BNPB: Stok Makanan Posko Kawah Timbang Mencukupi

Minggu, 31 Mar 2013 00:28:56  WIB
Seorang warga melintas di jalan menuju perladangan di sekitar kawah Timbang di dataran tinggi Dieng Dusun Simbar, Batur, Banjarnegara, Jateng, Senin (25/3). Petugas menutup sejumlah jalan yang dianggap berbahaya karena berada pada jangkauan hembusan gas beracun kawah Timbang. FOTO ANTARA/Anis Efizudin/Koz/ama/13.
Banjarnegara, Antara Jateng - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan stok makanan di Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang, Kabupaten Banjarnegara, mencukupi kebutuhan selama tujuh hari.



"Bila kurang, stok makanan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jawa Tengah maupun BPBD Magelang akan didorong ke lokasi bencana," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran pers yang diterima Antara, di Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Sabtu malam.

Menurut dia, BNPB juga telah menyiapkan 250 lembar selimut di Posko Siaga Darurat Bencana Kawah Timbang.

Selain itu, kata dia, dapur umum dan truk serbaguna miliki BPBD Provinsi Jateng juga telah disiapkan di posko.

"Posko yang berlokasi di Rumah Dinas Camat Batur telah aktif. Kami telah lima kali melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dan larangan masuk pada radius 1.000 meter dari Kawah Timbang juga telah diberlakukan," katanya.

Menurut dia, pihaknya bersama BPBD Banjarnegara telah membagikan 5.037 lembar masker kepada masyarakat sekitar Kawah Timbang khususnya Desa Sumberejo.

Bila terjadi pengungsian, kata dia, jumlahnya diperkirakan 1.270 jiwa yang berasal dari Dusun Simbar dan Serang, Desa Sumberejo.

Oleh karena itu, lanjutnya, tiga lokasi pengungsian telah disiapkan, yakni Balai Desa Batur, Pesurenan, dan Gembol.

"Akan tetapi sampai saat ini tidak ada pengungsian dan masyarakat tetap tenang serta siaga. Pengalaman tahun 2011 (ketika terjadi krisis Kawah Timbang, red.), sebagian besar pengungsi adalah wanita dan anak-anak, sedangkan kaum pria menjaga rumah masing-masing," katanya.

Sutopo mengatakan, saat ini tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Bandung telah berada di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng guna mengamati aktivitas Kawah Timbang.



Editor: M Hari Atmoko

COPYRIGHT © 2014


Berita Lainnya
Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama
Email
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar
   
Baca Juga