Kudus, Antara Jateng - Kesulitan petani untuk mencari pekerja penebang tebu dapat segera diatasi, salah satunya dengan menghadirkan mesin pembabat tanaman tersebut, kata Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan.


"Jika petani mulai kesulitan mencari tenaga penebang, pabrik gula juga harus ikut memikirkannya, karena pasokan tebu bisa terpengaruh," ujarnya menanggapi keluhan petani tebu saat dialog di Pabrik Gula Rendeng Kudus, di Kudus, Jumat malam.

Penggunaan alat penebang atau pembabat tebu, katanya, saat ini sudah dijalankan oleh pabrik gula kelompok Rajawali di areal tanaman tebu binaan mereka.

Sementara itu, Direktur Utama PTPN IX, Adi Prasongko mengungkapkan, pabrik gula di Tanah Air sudah ada yang mulai mengoperasikan alat penebang tebu modern.

Hanya saja, kata dia, mesin penebang tebu yang ada saat ini, hanya digunakan untuk areal tanaman yang cukup luas.

Bahkan, lanjut dia, pabrik gula tidak hanya mengoperasikan alat pembabat tanaman, melainkan juga untuk mengangkat tebu ke truk.

Ia mengatakan, penebangan tebu di wilayah Kediri, sudah menggunakan peralatan tersebut.

"Jika digunakan untuk menebang tebu yang ditanam dengan luas kurang satu hektare, bahkan hanya satu petak, tentu tidak bisa," ujarnya.

Untuk mengatasi permasalahan minimnya pekerja penebang tebu tersebut, katanya, perlu dihadirkan alat pembabat manual yang bisa digunakan untuk lahan yang luasnya kecil.

Informasinya, kata dia, Kementerian Pertanian akan membantu dengan alat tebang manual.

Salah seorang petani asal Kudus, Munir mengakui, setiap memasuki Lebaran sering kesulitan mencari pekerja penebang tebu.

"Kalaupun dapat, harus menunggu selama dua pekan lebih, sehingga tanaman tebu yang seharusnya bisa dipanen lebih awal, mengalami keterlambatan," ujarnya.

Untuk itu, dia berharap segera dicarikan solusi, mengingat ketersediaan tenaga tebang tebu saat ini mulai terbatas.

Editor : Hernawan W


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar