Berita Terkait
Boyolali, Antara Jateng - Sebanyak 231 dari 410 calon legislatif yang masuk daftar calon sementara (DCS) dari 12 partai politik di Kabupaten Boyolali, dinyatakan belum memenuhi syarat administrasi oleh Komisi Pemilihan Umum setempat.




"Kami dalam verifikasi menemukan 231 caleg yang berkas administrasinya tidak memenuhi syarat (TMS), sehingga dikembalikan ke Parpol yang mendaftarkan calon itu," kata Ketua Divisi Hukum, Pencalonan dan Pengawasan KPU Boyolali, Purwanto di Boyolali, Kamis.

         Pihaknya mengundang seluruh Parpol peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 untuk menerima hasil verifikasi DCS, guna memenuhi kekurangan berkas administrasi calonnya.

         "Bahkan, ada enam Parpol yang seluruh berkas calegnya dinyatakan tidak memenuhi syarat," ungkapnya.

         Namun, kata dia, yang dinyatakan tidak memenuhi syarat tersebut tidak terlalu krusial atau hanya masih kecil.

         Mereka yang berkasnya kurang memenuhi syarat antara lain, maslah formulir yang tiudak dicoret pilihan maju calegnya apakah DPR RI, DPRD tingkat Provinsi atau Kabupaten.

         Selain itu, kata dia, juga ada ijazah SMA caleg yang tidak dilegalisir atau dilegalisirnya oleh seorang notaris, hal ini jelas tidak sesuai aturan KPU.

         Parpol yang calegnya dinyatakan tidak memenuhi syarat seluruhnya, kata dia, pihaknya mencontohkan dari PKB yang seluruhnya dinyatakan tidak memenuhi syarat karena formulir yang seharusnya rangkap tiga, tetapi yang dikumpulkan hanya satu.

         Enam Parpol yang berkas administrasi calegnya seluruhnya dinyatakan belum memenuhi syarat, yakni Gerindra, PAN, PKB, PBB, PKPI, dan Hanura. Parpol lainnya, seperti PDIP dari 45 yang didaftarkan hanya empat Caleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

         Kendati demikian, KPU memberikan kesempatan kepada Parpol untuk memperbaiki berkas tersebut hingga batas mulai 9--22 Mei mendatang. Pihaknya berharap berkas caleg yang didaftarkan ke PKU hingga 22 Mei sudah dinyatakan komplit.

         Menurut Ketua KPU Boyolali, Ahmad Charir hasil verifikasi berkas DCS tersebut, KPU melakukan koordinasi dan konsultasi dengan sejumlah instansi terakait Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali dan Direktur RSU Pandanarang.

         "Kami konsultasi dengan instansi terkait masalah sehat jasmani dan rohani Caleg. Dan seluruhnya dinyatakan memenuhi syarat," ujarnya.

Editor : Immanuel Citra Senjaya


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar