Sejumlah anak membersihkan tangannya pada aksi peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) ke-5 di taman Macan, Makassar, Sulsel, Minggu (14/10). Aksi HCTPS tersebut di lakukan untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan kepada masyarakat khususnya anak-anak agar membiasakan perilaku cuci tangan dengan memakai sabun sebelum dan sesudah beraktifitas agar terhindar dari berbagai penyakit menular. FOTO ANTARA/Dewi Fajriani/ed/mes/12

Berita Terkait
Pati, Antara Jateng - Rumah Sakit Keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati, Jawa Tengah, Minggu, mengenalkan enam langkah cuci tangan dengan tarian kepada ribuan anak setempat.



Ajakan hidup bersih dengan membiasakan cuci tangan, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-7 RS KSH Pati tersebut, digelar di Jalan Lingkar Selatan Pati, Desa Mustokoharjo, Kecamatan Kota Pati.

Selain dihadiri ribuan balita berasal dari berbagai kelompok bermain, taman kanak-kanak, dan pelajar SD, kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah tamu undangan serta orang tua masing-masing siswa.

"Tarian 'Ayo Cuci Tangan' ini merupakan hasil kreasi kami dalam memperagakan enam langkah cuci tangan menurut WHO sebagai upaya hidup bersih dengan kebiasaan mencuci tangan," kata Direktur PT Keluarga Sehat Sejahtera Beni Purwanto usai acara penciptaan rekor MURI cuci tangan dengan antispektif, di Pati, Minggu.

Biasanya, kata dia, cuci tangan menggunakan sabun dan air, namun saat ini masyarakat juga bisa cuci tangan dengan antiseptik.

Kehadiran ribuan anak tersebut, kata dia, sebagai upaya menanamkan cara hidup sehat terhadap anak usia dini, sehingga ketika dewasa sudah terbiasa.

Apalagi, kata dia, tangan merupakan pusat kuman penyakit, sehingga harus membiasakan mencuci tangan.

"Kami juga menyiapkan 2.000 keping CD yang berisi koreografi cuci tangan sambil bermain untuk diajarkan kepada pelajar di Pati," katanya.

Kebiasaan cuci tangan, kata dia, merupakan standar wajib perawat sebelum membantu penanganan pasien agar tidak menularkan penyakit ataupun tertular.



Editor : M Hari Atmoko


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar