Batang, Antara Jateng - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada tahun ini menggelar serentak pemilihan kepala desa di 205 desa, kata Kepala Bagian Pemerintah Desa Kabupaten batang, Andi Santosa.



"Pelaksanaan pilkades di 205 desa ini akan kami lakukan dua tahapan, yaitu pada tanggal 8 September 2013 sebanyak 162 desa dan 15 Desember mendatang pada 43 desa," katanya di Batang, Sabtu.

Menurut dia, pemkab telah melakukan sosialisasi berkaitan dengan pelaksanaan pilkades serentak pada 205 dari 239 desa setempat.

Selain itu, kata dia, pemkab juga meminta para camat ikut membantu menyosialisasikan secara intensif berkaitan dengan pelaksanaan pilkades serentak itu sebagai upaya mengantisipasi persoalan teknis yang kemungkinan bisa muncul di tengah masyarakat.

"Camat harus dapat memberikan pembekalan pada panitia pilkades, termasuk menjelaskan berbagai peraturan yang ada," katanya.

Ia mengatakan bahwa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), pemkab telah mengalokasikan bantuan pelaksaaan pilkades pada 205 desa sebesar Rp1,2 miliar.

Bantuan tersebut, kata dia, sebagai upaya membantu panitia dan mengeliminasi pengeluaran yang berlebihan pada pelaksanaan pilkades sehingga para calon kades tidak terbebani biaya yang mahal.

"Alokasi dana bantuan itu bertujuan meringankan para calon yang maju pilkades pada tahun 2013. Adapun pada tahun 2014, kami juga telah menyiapkan program pembekalan pada 239 kepala desa," katanya.

Editor : Zuhdiar Laeis


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar