Semarang, Antara Jateng - Peringkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Perdana Semarang pada Ujian Nasional (UN) 2013 anjlok menjadi posisi 59 di tingkat wilayah setempat, sedangkan pada tahun lalu posisi dua.




"Peringkat pertama UN SMP se-Kota Semarang tahun ini diraih SMP Negeri 2, disusul SMP PL Domenico Savio," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kota Semarang Taufik Hidayat di Semarang, Sabtu.

Peringkat ketiga diraih SMP Negeri 5, disusul SMP Negeri 21, dan peringkat kelima SMP Karangturi Semarang. SMP Negeri 2 Semarang juga menduduki peringkat keempat UN secara nasional.

Berdasarkan hasil UN, Taufik yang juga Ketua Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang itu mengakui peringkat SMP Perdana yang selama dua tahun berturut-turut menduduki lima besar, namun tahun ini di posisi ke-59.

SMP Perdana Semarang pada pelaksanaan hari pertama UN (22/4) lalu sempat menolak kedatangan 26 pengawas UN karena semuanya dari sekolah negeri, dan meminta sebagian diganti dengan pengawas dari sekolah swasta.

Disdik Kota Semarang kemudian melakukan negosiasi dan menukar sebagian pengawas itu dengan pengawas UN dari sekolah swasta yang sedianya ditugaskan di SMP Negeri 9 Semarang selaku panitia subrayon setempat.

Selama setengah jam, pelaksanaan hari pertama UN yang mengujikan Bahasa Indonesia itu sempat hanya diawasi satu pengawas setiap ruangnya, sembari menunggu pertukaran tugas pengawas yang ada di SMP Negeri 9 Semarang.

Namun, Taufik enggan mengaitkan penurunan peringkat SMP Perdana pada pelaksanaan UN tahun ini dengan kejadian tersebut.

Ia menjelaskan UN telah dilakukan sesuai dengan prosedur operasional standar (POS).

Berdasarkan data Disdik Kota Semarang, peringkat lima besar UN SMP pada 2011 tingkat kota secara berurutan diraih oleh SMP Negeri 2, SMP Negeri 9, SMP PL Domenico Savio, SMP Perdana, dan SMP Negeri 1 Semarang.

Pada 2012, peringkat pertama UN SMP masih dipegang SMP Negeri 2 Semarang, disusul SMP Perdana, kemudian SMP Negeri 9, SMP PL Domenico Savio, dan peringkat lima se-Kota Semarang diraih SMP Negeri 29 Semarang.

Pada 2013, peringkat lima besar UN secara berurutan diraih SMP Negeri 2, SMP PL Domenico Savio, SMP Negeri 5, SMP Negeri 21, dan SMP Karangturi.

Berdasarkan jumlah rata-rata nilai UN, SMP Perdana pada UN 2011 memperoleh nilai sebesar 35,18, kemudian sempat naik pada 2012 menjadi 36,86, pada UN tahun ini menjadi 26,21 dari empat pelajaran yang diujikan.

Editor : Hernawan W


Komentar Pembaca
hendy sevenfold
ih eleke

Minggu, 29 Sept 2013 12:27:19 WIB

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar