Semarang, Antara Jateng - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang saat ini tengah menyusun daftar calon sementara (DCS) dari 540 bakal calon anggota DPRD yang sudah memenuhi persyaratan administrasi.


"Saat ini kami tengah menyusun DCS dan dijadwalkan tanggal 13 Juni diumumkan ke masyarakat," kata Ketua KPU Kota Semarang Hakim Junaidi di Semarang, Selasa.

Ia mengatakan hasil verifikasi hasil perbaikan, secara keseluruhan persyaratan administrasi dari para bakal calon anggota dewan sudah terpenuhi.

"Hasil verifikasi hasil perbaikan secepatnya akan kami sampaikan ke pimpinan partai politik," katanya.

Pada saat daftar calon sementara diumumkan ke publik, lanjut Hakim Junaidi, masyarakat diberi kesempatan untuk memberikan masukan terhadap calon.

KPU Kota Semarang akan menindaklanjuti seluruh masukan dari masyarakat terhadap para calon misalnya terkait persyaratan administrasi ditemukan ijazah palsu.

"Sementara delik aduan seperti yang berkaitan dengan etika dan moral, tidak dapat serta merta menggugurkan calon anggota dewan terkait," katanya.

Bagi calon anggota dewan juga tidak dapat mengundurkan diri begitu sudah ditetapkan dalam daftar calon sementara, kecuali ada persyaratan administrasi yang menyebabkan calon harus diganti oleh partai politik pengusung.

"Untuk penetapan daftar calon tetap (DCT) dijadwalkan tanggal 22 Agustus," katanya.

Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar