Padang, Antara Jateng - Tim tinju Indonesia optimistis bisa meraih medali emas pada ajang SEA Games 2013 di Myanmar, 11-22 Desember, kata Ketua Umum Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Reza Ali.




Saat meninjau pertandingan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Wakil Presiden (Wapres) II 2013 di Halaman Parkir Taman Budaya Kota Padang, Selasa, mengatakan bahwa atlet Indonesia bertekad menyumbangkan medali emas bagi Bangsa Indoesia.

"Kita akan bertekad menjadi salah satu cabang yang bisa menghasilkan medali bagi negara ini pada SEA Games 2013," katanya.

Dijelaskannya, pada ajang SEA Games 2013 Tim Tinju Indonesia menargetkan bisa meraih minaml dua medali emas, dari 16 kelas yang dipertandingkan.

"Dua emas itu sangat realistis. Kami berkomitmen untuk menggelar kegiatan minimal enam kali dalam setahun," ujar Reza Ali.

Hingga saat ini, menurut Reza, kekuatan tinju SEA Games masih didominasi oleh Thailand dan Filipina. Kedua negara tersebut telah mengambil alih dominasi Tim Nasional Indonesia dalam ajang pesta olahraga negara-negara di Asia Tenggara, jelasnya.

Untuk memenuhi target tersebut, katanya, PP Pertina sudah melakukan persiapan sejak enam bulan lalu, termasuk memanggil petinju yang dinilai mempunyai potensi untuk bisa menjadi petinju andalan pada SEA Games.

"Saat ini kekuatan Tim Tinju Indonesia baru 150 persen, selama lima bulan sebelum SEA Games, kekuatan tersebut akan dijadikan seratus persen, artinya akan ada sistim degradasi dan promosi bagi petinju yang potensial," katanya.

Selain itu, dari ajang Kejurnas Wapres saat ini, petinju daerah yang mempunyai prestasi dan mengalami peningkatan teknik akan berpeluang masuk menjadi bagian dari Tim Tinju Indonesia di SEA Games.

Lebih lanjut Reza Ali mengatakan dalam persiapan beberapa bulan mendatang tim Indonesia akan dibantu oleh mantan pelatih tim nasional Kuba Ernesto Aroche Moreno.

Dijelaskannya Ernesto Aroche Moreno merupakan pelatih andalan Kuba, ia merupakan pelatih yang berhasil melahirkan empat petinju Kuba jadi juara Olimpiade, serta mengantarkan lima petinju dari negara tersebut juara dunia.

Ia mengharapkan dengan dibantu oleh pelatih Kuba tersebut, Indonesia mampu memenuhi target dua medali emas.

Editor : Hernawan W


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar