Purwokerto, Antara Jateng - Perum Bulog Subdivisi Regional IV Banyumas, Jawa Tengah, menjual bahan kebutuhan pokok untuk menjalankan fungsi stabilisator harga.



"Mulai awal Juni, kami membuka 'Bulog Mart' yang melayani pembelian beras jenis premium, gula pasir, dan minyak goreng. Untuk sementara tiga komoditas itu dulu yang dijual," kata Kepala Humas Bulog Subdivre IV Banyumas M Priyono di Purwokerto, Rabu.

Menurut dia, harga tiga komoditas tersebut di pasaran saat ini mulai bergejolak, sehingga Bulog menjalankan fungsi sebagai stabilisator harga kebutuhan pokok sesuai amanat pemerintah.

Dengan demikian jika harga di pasaran melonjak hingga di atas normal, kata dia, Bulog akan menjualnya jauh di bawah harga pasar.

Dalam hal ini, kata dia, harga beras IR-64 di pasaran telah di atas Rp8.000 per kilogram, gula pasir sebesar Rp12 ribu per kilogram, dan minyak goreng kemasan 900 mililiter mencapai Rp11 ribu.

"Kami menjual minyak goreng kemasan 900 mililiter hanya seharga Rp9.600, gula pasir Rp11.400 per kilogram, serta beras IR-64 dengan kadar 'broken' (patah) 10 persen seharga Rp7.800 per kilogram dan IR-64 dengan kadar 'broken' 15 persen seharga Rp15 ribu per kilogram," katanya.

Sebagai perbandingan, harga gula di pasaran Rp13.000-an/kg, minyak goreng sekitar 12.000/liter, dan beras IR di atas Rp8.000/kg.

Ia mengatakan bahwa masyarakat yang hendak membeli komoditas tersebut dapat memesannya melalui petugas di sembilan gudang Bulog yang tersebar di eks Keresidenan Banyumas.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga bisa membeli secara langsung komoditas tersebut di kantor Bulog Subdivre IV Banyumas, Jalan Jenderal Soedirman Timur, Purwokerto.

Menurut dia, Bulog siap melayani berapa pun yang dibeli masyarakat asalkan tidak untuk ditimbun.

"Berapa pun belinya akan dilayani, asalkan tidak untuk ditimbun, melainkan untuk konsumsi sendiri atau langsung dijual lagi pada masyarakat," katanya.

Editor : Achmad Zaenal M


Komentar Pembaca
SAPTONO
Baguslah..kalo bisa dikembangkan lagi jadi 9 bahan pokok biar masyarakat tetep terbantu terutama dg kebutuhan pokokY.

Senin, 18 Nov 2013 11:51:25 WIB

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar