Semarang, Antara Jateng - Pemerintah Kota Semarang saat ini tengah membangun tanggul Kali Semarang dan Kali Banger di antaranya untuk mengatasi air laut pasang atau rob.



"Pembangunan tanggul sungai tersebut masih jalan dan sudah mencapai 70 persen," kata Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral (PSDA dan ESDM) Kota Semarang Agus Riyanto di Semarang, Selasa.

Pemasangan tanggul sungai tersebut diharapkan dapat membebaskan wilayah Semarang dari rob, sehingga pompa nantinya hanya dimanfaatkan untuk mengatasi genangan air akibat banjir.

Ia mengakui penanganan banjir dan rob di Kota Semarang dilakukan secara bertahap dan Kota Semarang bertugas menangani sistem drainase sekunder seperti melakukan normalisasi sejumlah saluran.

Untuk Polder Banger merupakan sistem primer, sementara penanganan sistem sekunder di antaranya dengan pelebaran, perbaikan, dan pengerukan sedimentasi saluran yang ada.

Sejumlah saluran tersebut di antaranya saluran Ronggowarsito, Raden Patah, dan Mlatiharjo.

"Penanganan sistem sekunder tersebut ditargetkan dapat selesai tahun ini. Untuk sistem drainase tersier yang berada di permukiman ditangani oleh Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP)," katanya.



Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar