Semarang, Antara Jateng - Provinsi Jawa Tengah meraih predikat terbaik nasional Sikompak Award Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan tahun 2013 pada kategori perencanaan pembangunan daerah aspek sinkronisasi.


      "Inilah karya kita semua di dalam rangka peningkatan pembangunan di desa melalui program PNPM Mandiri Perdesaan dan Jateng terpilih sebagai yang terbaik," kata Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Selasa malam.

         Gubernur mengharapkan agar dana dari pemerintah untuk program PNPM Mandiri Perdesaan tidak dikurangi, tetapi ditambah karena ada sekitar 8.750 desa di Jateng yang perlu dipacu dalam hal pemberdayaan potensi-potensi di daerah masing-masing.

         "Potensi-potensi di daerah yang masih perlu diberdayakan adalah di sektor usaha kecil, sarana prasarana, dan sistem sanitasi agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat," ujarnya.

         Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jateng yang telah berpartisipasi dalam program PNPM Mandiri Perdesaan.

         Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jateng Tavip Supriyanto mengatakan bahwa predikat terbaik tersebut diterima melalui PNPM Mandiri Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

         "Atas prestasi tersebut Gubernur Jateng Bibit Waluyo menerima penghargaan sebagai Pembina Terbaik Nasional PNPM Mandiri Perdesaan kategori perencanaan pembangunan daerah," ujarnya didampingi Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jateng Agus Utomo.

         Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono kepada gubernur melalui Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih pada pembukaan Rapat Kerja Nasional PNPM Mandiri Perdesaan 2013 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (18/6).

         Ia menjelaskan bahwa pemberian penghargaan Sikompak Award 2013 tersebut merupakan wujud apresiasi dan perhatian pemerintah terhadap para pendamping dan fasilitator yang memiliki dedikasi serta telah menunjukkan kinerja terbaiknya.

         "Dalam menyejahterakan masyarakat, Pemprov Jateng terus berupaya memberikan prioritas yang tinggi dalam menyediakan anggaran yang cukup besar untuk rakyat miskin agar memiliki kesempatan menempuh pendidikan, meningkatkan kesehatan, dan memperbaiki kualitas hidupnya," katanya.

         Upaya tersebut, kata dia, dijabarkan dalam bentuk program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat, antara lain, melalui PNPM Mandiri Perdesaan yang memberikan otoritas penuh untuk mengelola kegiatan secara swakelola kepada masyarakat.

 

Editor : Immanuel Citra Senjaya


Komentar Pembaca
Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar