Berita Terkait
Jakarta, ANTARA Jateng - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan Bali siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013 yang berlangsung pada Oktober.



"Berdasarkan evaluasi, kesimpulannya kita siap," ujar Hatta seusai rapat koordinasi membahas persiapan APEC di Jakarta, Jumat.

Hadir dalam rapat tersebut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar.

Menurut Hatta, salah satu persiapan yang sedang dilakukan adalah penggunaan kendaraan ramah lingkungan, gabungan antara tenaga listrik dan biodiesel, yang akan dipakai sepanjang penyelenggaraan KTT.

"Kita menggunakan ratusan bus kombinasi antara biodiesel dan electric car, kemudian light mini bus ditambah mobil kecilnya, plus ratusan mobil biodiesel," katanya.

Hatta juga memastikan kesiapan jalan tol, hotel tempat penyelenggaraan di kawasan Nusa Dua dan sarana infrastruktur pendukung lainnya untuk melancarkan acara utama, yang dihadiri para pemimpin negara anggota APEC.

Ia mengatakan forum ini menjadi penting, karena saat ini kawasan Asia Pasifik menjadi salah satu wilayah penyumbang pertumbuhan ekonomi dunia.

Selain itu, pertemuan tersebut juga bermanfaat karena perekonomian global saat ini sedang mengalami kelesuan akibat krisis yang belum reda di kawasan Eropa.

"APEC menjadi sangat penting, selain karena mesin pertumbuhan berada disini, kondisi global saat ini sedang tidak baik," kata Hatta.

Menurut dia, isu ketahanan ekonomi dan mesin pertumbuhan global inilah yang akan menjadi pembahasan utama dan tema penyelenggaraan APEC pada 2013.

Selain dihadiri 21 pemimpin negara yang tergabung dalam APEC, perhelatan ini diperkirakan akan dihadiri 5.000 delegasi dan media dari berbagai negara.


Editor : Totok Marwoto


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar