Kendaraan berat jenis truk melintas di kawasan Alas Roban, Batang, Jawa Tengah. (Foto ANTARA)

Berita Terkait
Purwokerto, Antara Jateng - Dinas Bina Marga Jawa Tengah menyatakan bahwa jalan utama dan alternatif di provinsi itu siap untuk dilalui pemudik saat arus Lebaran 2013 meskipun saat ini masih dalam tahap perbaikan.




"Semua jalur yang diperbaiki akan siap digunakan sebagai jalur lebaran mulai H-10," kata Sekretaris Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Haryono Haroen R saat Rapat Koordinasi Kesiapan Infrastruktur Jalan dan Jembatan dalam Menghadapi Lebaran Tahun 2013, di Purwokerto, Rabu.

Kendati demikian, dia mengakui kemungkinan adanya pekerjaan jembatan di ruas jalan alternatif yang belum selesai, sehingga pengguna jalan diharapkan berhati-hati.

Selain itu, kata dia, kondisi cuaca yang masih terdapat hujan memungkinkan jalan menjadi licin dan timbulnya lubang baru, sehingga pengguna jalan diimbau untuk berhati-hati.

"Oleh karena itu, koordinasi antarinstansi sangat diperlukan guna terciptanya kondisi jalan dan penggunanya aman, tertib, dan lancar," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa di Jawa Tengah terdapat tiga jalur utama, yakni jalur pantai utara (pantura), jalur tengah, dan jalur selatan.

"Saat ini, kondisi jalur utama dan jalur alternatif atau penghubung serta jalur selatan, sebagian masih dalam perbaikan, tetapi secara umum sudah cukup baik. Sementara di jalur tengah secara umum sudah cukup baik, sedangkan di JLSS Jateng ada beberapa lokasi dengan permukaan kurang mulus, tetapi secara umum sudah cukup baik," kata Haryono.

Menurut dia, pihaknya juga menempatkan alat berat di sejumlah lokasi rawan longsor dan banjir, baik di jalur pantura, jalur tengah, jalur selatan, maupun jalur alternatif.

Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar