Berita Terkait
Batang, Antara Jateng - Sebanyak 110 dari 591 calon haji Kabupaten Batang, Jawa Tengah dipastikan gagal berangkat ke Tanah Suci pada 2013 karena dampak pemangkasan kuota haji Indonesia sebesar 20 persen oleh Pemerintah Arab Saudi.




   Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, Moch Bisri di Batang, Sabtu, mengatakan bahwa sebenarnya jumlah calhaj pada 2013 sebanyak 616 orang tetapi hingga batas akhir pelunasan biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH) hanya 591 orang.

         "Akan tetapi karena adanya pemangkasan kuota haji sebesar 20 persen maka sebanyak 110 orang dari 591 orang dipastikan gagal berangkat atau ditunda pemberangkatannya hingga 2014," katanya.

         Menurut dia, beberapa calhaj yang ditunda berangkat ke Tanah Suci, yaitu mereka yang sudah berusia di atas 75 tahun, memiliki keterbatasan fisik sehingga harus memerlukan alat bantu, dan memiliki nomor urut porsi terakhir, serta sudah pernah menunaikan ibadah haji pada tahun sebelumnya.

         "Pada 2013, sekitar 13 calhaj yang sudah berusia di atas 75 tahun dan tiga orang yang memiliki keterbatasan fisik. Sedang sisanya adalah mereka yang sudah pernah menunaikan ibadah haji dan nomor urut porsi," katanya.

         Menurut dia, pemangkasan kuota haji Indonesia oleh Pemerintah Arab saudi karena ada perbaikan Masjidil Haram sehingga daya tampung lapangan untuk tempat "thawaf" berkurang.

         Ia mengatakan bahwa kementerian agama akan memprioritaskan pada 110 calhaj yang gagal berangkat ke Tanah  Suci pada tahun ini untuk diberangkatkan pada 2014.

         "Nantinya, para calhaj yang berangkat pada tahun ini akan kami berikan penjelasan dan selanjutnya akan diprioritaskan untuk diberangkatkan pada 2014," katanya.



Editor : Immanuel Citra Senjaya


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar