Semarang, Antara Jateng - Pemerintah Kota Semarang menjanjikan bonus Rp45 juta bagi atlet peraih medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2013 di Kabupaten Banyumas, Oktober mendatang.




Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada "Media Gatherring" di Semarang, Senin petang, mengatakan bonus itu untuk nomor perorangan sedangkan untuk nomor beregu berkisar antara Rp50 juta hingga Rp80 juta.

"Pemberian bonus ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada atlet yang akan bertanding pada Porprov Jateng," kata mantan Ketua Umum Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Tengah tersebut.

Kemudian untuk peraih medali perak, kata dia, akan mendapat bonus Rp20 juta sedangkan untuk perunggu Rp10 juta. "Kalau peraih medali perak dan perunggu untuk nomor beregu ada hitung-hitungannya sendiri," katanya.

Jumlah ini, kata dia, lebih besar dibanding bonus pada Porprov Jateng 2009 di Solo, yaitu Rp35 juta. "Saya berharap kepada Ketua KONI Kota Semarang Ikhwan Ubaidillah tinggal melakukan monitoring atletnya," katanya menegaskan.

Ketua KONI Kota Semarang Ikhwan Ubaidillah mengatakan daerahnya menyiapkan 650 atlet dan ofisial yang bakal diterjunkan pada Porprov Jateng di Banyumas mendatang dan mereka akan mengikuti 37 cabang olahraga yang terdiri dari 392 nomor pertandingan. "Nomor yang dipertandingkan pada Poprov Jateng sebanyak 625 nomor tetapi kita hanya mengikuti 392 nomor pertandingan," katanya.

Dari Nomor tersebut, kata dia, tentunya Kota Semarang bertekad untuk mempertahankan gelar juara umum seperti yang diraih pada Porprov Jateng 2009. Untuk menjadi juara umum, KONI Semarang menargetkan bisa meraih 157 medali emas, 95 medali perak, dan 63 medali perunggu.

"Hitung-hitungannya dengan meraih 157 medali emas berarti kita sudah bisa meraih 25,12 persen dari total medali emas yang diperebutkan pada Porprov Jateng mendatang," katanya.

Wakil Ketua Umum bidang pembinaan dan prestasi KONI Kota Semarang Irwan Cahyono mengatakan ada empat cabang olahraga yang diharapkan bisa menjadi lumbung medali emas bagi kontingen Kota semarang mendatang.

Ia menyebutkan keempat cabang olahraga tersebut adalah angkat besi, berat, dan binaraga (PABBSI) diharapkan bisa meraih 21 medali emas, kemudian senam 14 medali emas, atletik dan gulat masing-masing diharapkan bisa meraih sembilan emas.

"Tetapi kami berharap cabang-cabang olahraga lain juga tetap menunjukkan prestasi maksimal karena siapa tahu mereka bisa menjadi lumbung medali bagi kita. Peta persaingan masih tetap sama yaitu Semarang, Kota Surakarta (Solo), dan tuan rumah Banyumas," katanya.

Editor : Hernawan W


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar