Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Heru Sudjatmoko. (Foto Antara)

Berita Terkait
Semarang, Antara Jateng - Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah masa jabatan 2013-2018.



Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di gedung DPRD provinsi di Semarang, Jumat, dengan dihadiri oleh ratusan tamu undangan.

Prosesi pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng yang menjadi agenda rapat paripurna istimewa DPRD Jateng itu berjalan dengan lancar dalam waktu kurang lebih 25 menit.

Dalam sambutannya, Mendagri Gamawan Fauzi meminta agar slogan "Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi" yang disampaikan pada saat kampanye oleh pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko, dapat direalisasikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

"Perkuat agenda sinergis pembangunan secara nasional dalam kaitan dengan jabatan gubernur yang mempunyai peran ganda sebagai kepala daerah otonomi sekaligus wakil pemerintah pusat di daerah. Ini menjadi tugas saudara untuk mengkoordinasikan dan menjamin sinergitas kebijakan pembangunan kabupaten/kota se-Jateng," kata Mendagri.

Langkah saudara yang dimulai hari ini hingga lima tahun ke depan, kata Mendagri, tentu tidak terlepas dari apa yang telah dicapai dalam kepemimpinan gubernur periode sebelumnya.

"Jadikanlah bulan ini sebagai penanda kemenangan saudara, kemenangan seluruh rakyat Jateng tanpa membeda-bedakan afiliasi politik dan asal usul golongan," ujar Mendagri.

Mendagri juga meminta Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko untuk bersungguh-sungguh mengentaskan kemiskinan, memberantas buta aksara yang masih tinggi, serta memperluas akses setiap jenjang pendidikan dan fasilitas kesehatan demi kemakmuran rakyat Jateng secara keseluruhan.

"Saya yakin dengan kombinasi gubernur dan wakil gubernur terpilih sebagai tokoh yang berpengalaman di tingkat nasional dan daerah. Sinergi ini diharapkan mampu membawa Provinsi Jateng lebih maju di masa mendatang," kata Mendagri.

Usai dilantik, Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko menerima ucapan selamat secara terbatas dari Mendagri beserta istri, anggota Komisi II DPR RI, dan forum koordinasi pimpinan Provinsi Jateng.

Upacara pelantikan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo serta tokoh nasional seperti Puan Maharani, Ketua DPD RI Irman Gusman, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Kalimantan Tengah Teras Narang, dan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis.

Editor : Mahmudah


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar