Kantor DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Magelang di Jalan Raya Magelang-Yogyakarta di Blabak, Kecamatan Mungkid. (Hari Atmoko/dokumen).

Berita Terkait
Semarang, Antara Jateng - Komposisi calon anggota legislatif perempuan dari Partai Nasional Demokrat yang masuk daftar calon tetap (DCT) DPRD Provinsi Jawa Tengah Daerah Pemilihan III berimbang dengan kaum laki-laki.




Berdasarkan data yang diunggah dari laman "www.kpu-jatengprov.go.id" di Semarang, Rabu, Dapil Jateng III yang meliputi Grobogan, Blora, Rembang, dan Pati diisi Nasdem dengan lima caleg perempuan dan enam laki-laki.

Kelima calon legislator perempuan dari Nasdem yang masuk DCT DPRD Jateng Dapil III, yakni Chairina Ulfah, Winarti, Hj. Erry Wahono S.H, M.B.A., Tri Nuraini, S.E., dan terakhir adalah Nur Setyowati, S.E.

Dibandingkan dapil-dapil lainnya, komposisi caleg perempuan Nasdem di Dapil Jateng III cukup berimbang atau sebesar 45,45 persen meski keterwakilan perempuan yang dipersyaratkan minimal 30 persen.

Keberimbangan caleg perempuan yang ditempatkan Nasdem terlihat pula pada Dapil Jateng VI yang sama-sama menempatkan lima caleg perempuan dari 11 caleg di dapil tersebut, atau sebesar 45,45 persen.

Kelima caleg perempuan dari Nasdem yang masuk DCT DPRD Jateng Dapil VI, yakni Fitricia Arisusanti S.H., S.Pn., Sri Budi Lestari, S.E., Oni Widianingrum, S.E., Dwi Kurniawati, S.E., dan Vivi Fadjarwati.

Para calon legislator perempuan Nasdem tersebut akan bersaing di Dapil VI Jateng yang meliputi wilayah Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kota Magelang.

Komposisi cukup berimbang caleg perempuan dengan laki-laki Nasdem juga terlihat pada Dapil Jateng IV, meliputi Kabupaten Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen yang menempatkan tiga perempuan dari tujuh caleg.

Ketiga caleg perempuan dari Nasdem yang masuk DCT DPRD Jateng Dapil IV, yakni Lilik Hariyanti, S.E., M.C. Wiwiek Poerwaningsih, S.H., dan Ismi Rahmawati, M.Si., A.Pt. atau sebesar 42,85 persen.

Sementara itu, di dapil lainnya, yakni Dapil Jateng I keterwakilan perempuan sebesar 36,36 persen, Jateng II, V, dan VII sebesar 33,33 persen, Jateng VIII dan IX 30 persen, serta Jateng X sebesar 44,44 persen.


Editor : M Hari Atmoko


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar