Semarang, Antara Jateng - Sebanyak 13 anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah yang mempunyai hak pilih telah menetapkan tujuh komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah provinsi setempat periode 2013-2016.



"Penetapan tujuh komisioner KPID Jateng itu dilakukan dengan mekanisme pemungutan suara setelah melalui proses seleksi tahap uji kepatutan dan kelayakan terhadap seluruh calon yang berjumlah 14 orang," kata Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng Atyoso Mochtar di Semarang, Rabu.

Ketujuh komisioner KPID yang terpilih itu adalah Asep Cuwantoro, Mulyo Hadi Purnomo, Setiawan Hendra Kelana, Tazkiyyatul Muthmainnah, Achmad Junaidi, Budi Setyo Purnomo, dan Pudjo Rahayu.

Ia menjelaskan, saat proses pemungutan suara, masing-masing anggota Komisi A yang memiliki hak pilih memilih tujuh dari 14 nama calon komisioner KPID Jateng berdasarkan penilaian saat uji kepatutan dan kelayakan.

"Ada satu surat suara yang dinyatakan tidak sah karena salah seorang anggota Komisi A hanya memilih enam calon komisioner KPID," ujarnya.

Menurut dia, tujuh komisioner KPID Jateng yang terpilih ini mempunyai kompetensi berdasarkan uji kepatutan dan kelayakan yang telah dilakukan.

"Komisi A melalui pimpinan DPRD Jateng selanjutnya akan segera menyerahkan tujuh nama komisioner KPID ke Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk dilantik," katanya.

Keputusan kami ini, kata dia, mengikat dan sudah final dan diharapkan ketujuh komisioner KPID Jateng yang terpilih dapat segera melaksanakan tugas serta kewajibannya sesuai UU.

Dari tujuh nama komisioner KPID Jateng yang terpilih tersebut, Acep Cuwantoro mendapat suara terbanyak dengan 11 suara, disusul Mulyo Hadi Purnomo dengan sepuluh suara, Setiawan Hendra Kelana, Tazkiyyatul Muthmainnah, dan Achmad Junaidi mendapat sembilan suara, sedangkan Budi Setyo Purnomo serta Pudjo Rahayu memperoleh delapan suara.

Tujuh calon komisioner KPID Jateng lainnya yang tidak terpilih dan masuk dalam daftar calon jika terjadi pergantian antarwaktu adalah Isdiyanto, Endro Harianto, Retno Mawarini, Farkhan Hilmie, Yunan Hidayat, Deny Ariawan, dan Endah Srigati.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menandatangani surat keputusan perpanjangan masa jabatan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng periode 2010-2013 hingga terpilih dan pelantikan anggota baru.

Hal yang penting terkait dengan adanya perpanjangan masa jabatan komisioner KPID Jateng periode 2010-2013 yang seharusnya berakhir 23 Desember 2013 itu adalah tidak terjadi stagnasi pelayanan lembaga ini.

Editor : Nur Istibsaroh


Komentar Pembaca

Kirim Komentar
- Komentar akan ditampilkan setelah mendapat persetujuan dari pengelola
- Semua komentar menjadi tanggung jawab pengirim
Nama  
Email  
Komentar
 

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar