ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Kamis, 23 Februari 2017

APOL Operasikan Kapal Baru untuk PLTU Jepara

| 6311 Views
id apol operasikan kapal baru untuk pltu jepara
APOL Operasikan Kapal Baru untuk PLTU Jepara
Ilustrasi kapal pengangkut batu bara (Foto ANTARA)


Direktur Utama PT APOL Tbk, Iriawan Ibarat, mengatakan di Jepara, kapal baru MV Dewi Parwati itu memenuhi komitmen perusahaannya dengan PLTU TJB bahwa setelah kontrak pengangkutan batu bara berjalan empat tahun maka harus diadakan peremajaan kapal.

"MV Dewi Parwati merupakan 'dedicated vessel' yang harus disediakan Arpeni untuk memenuhi kontrak yang telah ditandatangani Arpeni dengan PT PLN pada Januari 2008," kata Iriawan.

Kontrak pengangkutan batu bara dan "jetty management" PLTU Tanjung Jati B dengan Arpeni bernilai Rp3,08 triliun untuk jangka waktu 15 tahun.

MV Dewi Parwati adalah jenis kapal "bulk carier" tipe Panamax dengan kapasitas 75,455 DWT. MV Dewi Parwati mengangkut batu bara dari kawasan penjambangan di Kalimantan.

PT Arpeni mengerahkan dua kapal untuk melayani pengangkutan batu bara ke Tanjung Jati B, dengan volume sekitar empat juta ton per tahun. Menurut rencana, Arpeni akan menyediakan satu kapal baru untuk menggantikan armada sebelumnya.

General Manager Pembangkitan Tanjung Jati B, Dewa Gede Ngurah Ambara, mengatakan kapal pengangkut baru paling tidak memiliki kecepatan 13 knot/jam.

"Kalau kurang dari itu, kami akan mengenakan penalti akibat keterlambatan pengiriman," katanya.

Presiden Direktur PT Central Java Power, Koji Endo, mengatakan penyediaan kapal baru tersebut merupakan komitmen kuat PT Arpeni untuk memberi pelayanan yang berkelanjutan bagi Tanjung Jati B.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain, Sekretaris Sekretariat Negara, Lambock Nathan dan Komisaris PT APOL, Sarwono Kusumaatmadja, Komisaris Utama PT APOL Oentoro Surya.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca