ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Jumat, 23 Juni 2017

Jelang Puasa, Harga Sembako di Pekalongan Naik

| 1400 Views
id jelang puasa, harga sembako dan bumbu dapur naik
Jelang Puasa, Harga Sembako di Pekalongan Naik
Pekalongan, ANTARA JATENG - Harga kebutuhan pokok dan bumbu dapur di beberapa pasar tradisional Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menjelang Ramadhan merangkak naik meski tidak signifikan.

Beberapa pedagang sembako dan bumbu dapur di Pasar Grogolan, Kamis, mengatakan para pedagang tidak kaget dengan adanya kenaikan harga kebutuhan pokok pada saat menjelang Ramadhan dan Lebaran.

"Sejumlah harga sembako dan bumbu dapur memang sempat turun pada akhir bulan lalu. Akan tetapi kini harga kebutuhan pokok maupun komoditas bumbu dapur naik lagi," kata pedagang sembako, Murni.

Harga cabai rawit merah yang semula sempat turun Rp30 ribu per kilogram secara bertahap hingga pada pekan ketiga naik menjadi Rp60 ribu/kilogram, cabai merah keriting semula Rp25 ribu/kg naik menjadi Rp30 ribu/kg, dan daging ayam kampung semula Rp70 ribu/kg naik menjadi Rp75 ribu/kg.

Kepala Seksi Sarana dan Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pekalongan, Setyo Budi, mengatakan bahwa kenaikan harga pada sejumlah komoditas masih dalam kewajaran.

"Memang ada kenaikan harga kebutuhan pokok tetapi tidak signifikan karena menjelang Ramadhan. Kenaikan harga tidak tinggi karena hanya beberapa persen saja," katanya.

Ia menyebutkan sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga adalah cabai, bawang putih, wortel, kentang, dan telur ayam.

"Akan tetapi kami menilai kenaikan harga komoditas itu masih wajar. Ini siklus rutin yang terjadi menjelang puasa karena kebutuhan masyarakat terhadap sembako juga meningkat," katanya.

Editor: Antarajateng

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca