ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Kamis, 21 September 2017

Kelompok Tani Banjarnegara Peroleh Bantuan Alat Pertanian

| 719 Views
id kelompok tani, alat pertanian
Kelompok Tani Banjarnegara Peroleh Bantuan Alat Pertanian
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (tengah) mendengarkan penjelasan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara Singgih Haryono terkait dengan alat dan pertanian yang diserahkan kepada kelompok tani di Balai Penyuluh Pertanian Purwonegoro, Banjarnegara, Selasa (18/7/2017). (Foto: ANTARAJATENG.COM/Dok.Dinkominfo Banjarnegara)
Banjarnegara, ANTARA JATENG - Sebanyak 34 kelompok tani dari 10 kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, memperoleh bantuan alat dan mesin pertanian dari pemerintah untuk mewujudkan program kemandirian pangan.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kepada perwakilan kelompok tani di Balai Penyuluh Pertanian Purwonegoro, Banjarnegara, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan produksi pertanian, khususnya tanaman pangan, harus terus ditingkatkan.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mendukung peningkatan produksi tanaman pangan adalah dengan mendorong mekanisasi pertanian.

"Penggunaan mesin panen dalam pertanian ini akan meningkatkan produktivitas petani," katanya.

Sebagai salah satu sentra pertanian, kata dia, Kabupaten Banjarnegara dituntut untuk meningkatkan produksi pertanian.

Ia mengharapkan hasil produksi pertanian Banjarnegara bisa menyuplai kebutuhan pangan daerah lain di samping untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah sendiri.

Oleh karena itu, dia meminta kelompok tani penerima bantuan untuk menggunakan menggunakan alat dan mesin pertanian tersebut sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya serta merawatnya sehingga bisa dimanfaatkan oleh petani lain.

"Gunakan alat secara proporsional dan bergilir sehingga bermanfaat dan bisa awet," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara Singgih Haryono mengatakan bantuan yang diberikan kepada kelompok tani berupa alat untuk memipil jagung serta alat perontok padi dan jagung.

"Bantuan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan kelompok tani dan menyesuaikan produksi utama pertanian yang dihasilkan," katanya.

Ia mengatakan kelompok tani yang mendapat bantuan berasal dari Kecamatan Susukan, Banjarmangu, Pagentan, Wanadadi, Purwanegoro, Mandiraja, Pejawaran, Sigaluh, Banjarnegara, dan Kalibening.

Menurut dia, bantuan yang diberikan terdiri atas tujuh unit mesin perontok serbaguna, empat alat untuk memipil jagung, dan 23 alat perontok padi.

"Bantuan alat dan mesin pertanian ini merupakan dukungan pemerintah kepada petani untuk meningkatkan produksi tanaman pangan. Dengan bertambahnya ketersediaan mesin pertanian di tingkat petani, diharapkan akan menunjang produktivitas petani," katanya.

Editor: Nur Istibsaroh

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca