ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Kamis, 23 Maret 2017

Menteri: Desa Borobudur Manfaatkan Kunjungan Wisatawan

| 893 Views
id menteri desa borobudur manfaatkan kunjungan wisatawan
Menteri: Desa Borobudur Manfaatkan Kunjungan Wisatawan
Menteri BUMN Rini M. Soemarno (kiri) meletakkan batu pertama pembangunan Balai Ekonomi Desa Tanjungsari, Borobudur, Kabupaten Magelang, Rabu (11/1). (Foto: Heru Suyitno/ANTARAJATENG.COM).
Magelang, Antara Jateng - Menteri Badan Usaha Milik Negera Rini M. Soemarno mengatakan desa-desa di kawasan Candi Borobudur harus dapat memanfaatkan kunjungan wisatawan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rini di Magelang, Rabu, mengatakan Kementerian BUMN bekerja sama dengan sejumlah BUMN membangun 20 balai ekonomi desa (Balkondes) di 20 desa di Kecamatan Borobudur yang dilengkapi dengan homestay.

Ia mengatakan hal tersebut saat peletaan batu pertama pembangunan Balkondes di Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur.

"Saya mendapat laporan saat ini sudah diselesaikan empat balkondes dan saya berharap dalam waktu dekat dengan dukungan BRI. Balkondes di Desa Tanjungsari ini dalam waktu singkat segera diselesaikan," katanya.

Ia menuturkan melalui balkondes tersebut diharapkan desa-desa di Borobudur dapat memanfaatkan kunjungan wisatawan sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.

"Semua itu akan memberikan pendapatan lebih dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat di Borobudur," katanya.

Ia mengataan melalui program balkondes dan homestay ini diharapkan perekonomian masyarakat dapat terus tumbuh.

Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Edy Setijono mengatakan komitmen PT TWC sebagai salah satu BUMN pendamping melalui Sinergi BUMN untuk maju bersama masyarakat semakin nyata.

"Setelah program 'Explore Indonesia' milik Kementerian BUMN, kini 'Explore Borobudur' hadir sebagai sebuah rumusan cita-cita bersama untuk pengembangan dan kemajuan kawasan Borobudur," katanya.

Ia mengatakan melalui program "Explore Borobudur", TWC dan BUMN pendampng lain serta BUMN sponsor ingin menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada di kawasan Borobudur.

Editor: M Hari Atmoko

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca