ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Sabtu, 27 Mei 2017

Nilai Ekspor Pekalongan Meningkat

| 1581 Views
id nilai ekspor pekalongan meningkat
Nilai Ekspor Pekalongan Meningkat
ilustrasi
Pekalongan, Antara Jateng- Nilai ekspor dari Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selama 2016 meningkat dibanding tahun sebelumnya, kata Kepala Seksi Pengembangan Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM setempat, Sri Susetyowati.

"Adapun negara tujuan ekspor, antara lain kawasan Asia Tiongkok, Thailand , Korea, Dubai, Singapura, Malaysia, Nigeria dan Australia," katanya di Pekalongan, Rabu.

Ia menyebutkan nilai ekspor pada semester pertama tahun 2016 mencapai 8,9 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau naik pada periode yang sama pada tahun sebelumnya 2,8 juta dolar AS.

"Sedang pada semester kedua Juli hingga November mencapai 3,7 juta dolar AS," katanya.

Ia mengatakan, komoditas terbesar untuk nilai ekspor tersebut adalah mi instan yang pada semester kedua tahun 2016 mencapai 2,4 juta kilogram, ikan olahan 288 ribu kilogram, ikan asin, sarang burung, sarung tenun, dan sarung batik.

"Adapun, ekspor kain batik hanya 2 ribu kilogram atau paling kecil dibandingkan komoditas yang lainnya," katanya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan ekspor ke luar negeri, pemkot akan menggelar pelatihan tentang tata cara mengekspor produk barang yang diikuti oleh para pengusaha.

"Rencananya, kegiatan pelatihan ini akan diikuti puluhan pengusaha dan diisi oleh petugas Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia dengan materi bagaimana cara mengekspor maupun mengimpor produk barang dengan cara yang benar," katanya.

Editor: M Hari Atmoko

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca