ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Kamis, 21 September 2017

Pemkab Temanggung Kucurkan Rp22,2 Miliar untuk Pilkada

| 563 Views
id pemkab, temanggung, hibahkan, dana pilkada
Pemkab Temanggung Kucurkan Rp22,2 Miliar untuk Pilkada
Bupati Temanggung Bambang Sukarno bersalaman dengan Ketua KPU Kabupaten Temanggung usai menandatangani naskah perjanjian hibah daerah antara Pemkab Temanggung dengan KPU Kabupaten Temanggung, di Temanggung, Selasa. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Heru Suyitno)
Temanggung, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menghibahkan dana Rp22,2 miliar kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung Tahun 2018.

Penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah antara Pemkab Temanggung dengan KPU Kabupaten Temanggung dilakukan oleh Bupati Temanggung Bambang Sukarno dan Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmiko di Kantor Bupati Temanggung, Selasa.

Dana hibah untuk penyelenggaraan Pilkada 2018 tersebut bersumber dari APBD tahun 2017 dan APBD tahun 2018 Kabupaten Temanggung.

Naskah perjanjian hibah daerah tersebut berlaku terhitung sejak ditandatangani sampai dengan paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya seluruh tahapan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Temanggung tahun 2018.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno mengatakan dana hibah penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Temanggung tersebut telah sesuai aturan.

"Saya kira ini hal yang wajar, minimal untuk menambah kinerja dan mencukupi kebutuhan KPU dalam penyelenggaraan pilkada," katanya.

Ia menuturkan dengan anggaran Rp22,2 miliar ini cukup untuk penyelenggaraan pilkada sehingga proses kegiatan hari ini hingga nanti pelaksanaan pilkada tidak terganggu.

Ia mengatakan dana pelaksanaan pilkada 2018 lebih besar dari pilkada 2013 karena ada penambahan alat peraga kampanye yang harus ditanggung APBD.

Ia menyebutkan dari sejumlah dana hibah untuk penyelenggaraan pilkada tersebut yang cair tahun 2017 sebanyak Rp2,156 miliar dan sisanya cair tahun 2018.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmiko mengatakan tahapan pilkada 2018 sudah mulai bulan Juni 2017.

"Penandatanganan naskah perjanjian hibah ini menunjukkan kesiapan KPU, kesiapan pemkab untuk menyukseskan pemilu dan ini menunjukkan komitmen Pemkab Temanggung tinggi terhadap pelaksanaan pilkada serentak 2018," katanya.

Ia mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan sosialisasi tentang calon independen kemudian juga penyusunan daftar pemilih, sosialisasi dalam bentuk kerja sama dengan ormas, LSM, untuk menyukseskan pilkada serentak 2018.

Editor: Achmad Zaenal M

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca