ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Rabu, 26 Juli 2017

Pemprov: Siap Anggarkan Pelantikan Kepala Daerah

| 989 Views
id pemprov siap anggarkan pelantikan kepala daerah
Pemprov: Siap Anggarkan Pelantikan Kepala Daerah
"Anggarannya dari kita tidak jadi soal, untuk pelantikan kepala daerah secara kolektif penganggarannya tidak terlalu banyak," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Jumat.

Ia mengungkapkan bahwa pada pekan lalu Pemprov Jateng menerima surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri terkait dengan usulan penetapan bupati/wali kota terpilih.

Terkait dengan hal itu, Pemprov Jateng telah menindaklanjuti dengan meminta agar penjabat sementara kepala daerah di sejumlah daerah agar segera menyiapkan dokumen usulan penetapan kepala daerah.

"Segera usulkan ke sini (Pemprov Jateng, red.), nanti kita kompilasikan atau atur mau di mana pelantikan kepala daerah terpilih, bisa di Simpang Lima atau di PRPP," ujarnya.

Selain itu, surat edaran dari Kemendagri juga berisi petunjuk agar daerah yang salah satu kandidat pilkadanya tidak mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi agar pelantikan kepala daerah terpilih dapat segera dilaksanakan.

"Pelantikan kepala daerah pemenang pilkada akan dilakukan pada pertengahan Februari atau paling lambat Maret 2016," katanya.

Sri Puryono mengaku telah mengusulkan ke pemerintah pusat agar pelantikan kepala daerah pemenang pilkada dilakukan serentak di Lapangan Pancasila, kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, untuk kepentingan efisiensi.

"Kami sudah mengajukan konsep pelantikan (Yang dilaksanakan di kawasan Simpang Lima, red.) ke Kemendagri, mudah-mudahan disetujui," ujarnya.

Kendati demikian, Sri Puryono mengaku belum dapat memastikan berapa jumlah anggaran yang bisa dihemat dengan dilakukannya pelantikan kepala daerah secara serentak itu.

Ia mengharapkan usulan lokasi pelantikan kepala daerah pemenang pilkada disetujui oleh Kemendagri dan bisa dilakukan secepatnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Arif Sambodo mengatakan bahwa Pemprov Jateng tidak mengalokasikan anggaran untuk pelantikan kepala daerah yang memenangi pilkada lalu.

"Pada tahun ini tidak ada anggaran untuk pelantikan kepala daerah, baik itu secara serentak maupun yang dilakukan sendiri-sendiri," katanya.

Editor: Antarajateng

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca