ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Senin, 21 Agustus 2017

Penyerapan Beras Bulog Capai 3.000 Ton/Hari

| 1165 Views
id penyerapan beras, bulog jateng
Penyerapan Beras Bulog Capai 3.000 Ton/Hari
ilustrasi Beras Bulog (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Semarang, ANTARA JATENG - Penyerapan beras dari petani oleh Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah masih terus berjalan meski masa puncak panen sudah berlalu.

"Saat ini penyerapan masih cukup tinggi, pada kisaran 2.000 hingga 3.000 ton/hari," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Djoni Nur Ashari di Semarang, Jumat.

Dengan angka penyerapan tersebut, saat ini realisasi penyerapan beras oleh Bulog Jawa Tengah mencapai 190.000 ton atau sudah mencapai 30,9 persen dari target tahun ini sebesar 602.000 ton.

Djoni menyebutkan dari sisi ketersediaannya, saat ini stok beras di Jawa Tengah yang tersebar di gudang-gudang Bulog sudah mencapai angka 270.000 ton.

"Stok ini aman untuk kebutuhan 7 s.d. 8 bulan ke depan," katanya.

Sementara itu, melihat realisasi penyerapan sejauh ini, pihaknya optimistis pada tahun ini target penyerapan beras di Jawa Tengah dapat terealisasi.

Sebelumnya, untuk mempercepat penyerapan beras di Jawa Tengah, pihaknya menggandeng koperasi unit desa (KUD) untuk menjadi salah satu mitra kerja Bulog.

"Biasanya KUD `kan melakukan penyerapan dari petani dan gapoktan, jadi kami merasa efektif dengan melibatkan KUD menjadi mitra kerja Bulog," katanya.

Menurut dia, saat ini mitra kerja Bulog Divisi Regional Jawa Tengah sebanyak 358 mitra kerja pengadaan.

Djoni berharap dengan bergabungnya KUD yang jumlahnya mencapai ratusan tersebut, penyerapan beras dapat lebih optimal.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca