ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Kamis, 23 Maret 2017

Polres Banjarnegara Jaring Aspirasi Masyarakat

| 115 Views
id Polres banjarnegara, jaring aspiras
Polres Banjarnegara Jaring Aspirasi Masyarakat
Kapolres Banjarnegara AKBP Saiful Anwar (memegang mikrofon) saat memberi pengarahan kepada anggota komunitas sepeda motor dalam kegiatan "Jagong Bareng Kapolres" di Mapolres Banjarnegara, Sabtu (18/3) malam. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Humas Polres Banjarnegara)
Banjarnegara, ANTARA JATENG - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, berupaya menjaring aspirasi masyarakat khususnya dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kami menyadari betapa besar peran masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," kata Kepala Polres Banjarnegara Ajun Komisaris Besar Polisi Saiful Anwar melalui Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Ajun Komisaris Polisi Rusmiyatun di Banjarnegara, Minggu.

Ia mengatakan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif, tidak cukup hanya dengan kegiatan yang dilakukan oleh polisi saja.

Menurut dia, upaya tersebut juga membutuhkan dukungan yang nyata dari masyarakat.

"Kami menyadari betapa besar peran masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menjadikan masyarakat bukan hanya sebagai objek kamtibmas tetapi juga sebagai subjek yang turut menciptakan situasi kamtibmas.

Ia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan Satuan Binmas Polres Banjarnegara untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, yakni dengan menjaring aspirasi dan partisipasi aktif masyarakat untuk membentuk mitra kamtibmas khususnya yang tergabung dalam komunitas sepeda motor.

Menurut dia, upaya tersebut dilakukan melalui kegiatan "Jagong Bareng Kapolres Banjarnegara" yang digelar pada Sabtu (18/3) malam.

"Dalam kegiatan bersama rekan-rekan dari komunitas sepeda motor juga diisi dengan pengukuhan Forum Kemitraan Polisi dengan Masyarakat (FKPM) Komunitas Sepeda Motor masa bakti 2017-2019," katanya.

Rusmiyatun mengatakan FKPM merupakan suatu wadah kerja sama antara polisi dan masyarakat untuk memecahkan persoalan sosial yang dapat berakibat timbulnya gangguan kamtibmas.

Menurut dia, salah satu peranan Kepolisian Republik Indonesia khususnya dari Satuan Binmas, yakni dengan menempatkan peranan seluruh masyarakat sebagai agen perubahan.

"Pelaksanaan program mitra kamtibmas saat ini membidik generasi muda," katanya.

Ia mengatakan hal itu bertujuan agar pemikiran akan pemeliharaan kamtibmas yang aman dapat terserap sejak dini.

Dengan demikian, kata dia, generasi muda akan mengetahui bagaimana cara bertindak serta berkoordinasi dengan siapa ketika menemui, mengetahui, dan mendengar informasi adanya tindak pidana termasuk mengetahui jaringan Islam garis keras maupun kelompok radikal sehingga menghasilkan pola pikir yang produktif dalam menciptakan keamanan masyarakat.

Menurut dia, hubungan kemitraan tersebut perlu dijaga dan harus dilandasi dengan saling percaya dalam mencegah kejahatan tanpa mengabaikan ketentuan yang mengatur.

Editor: M Hari Atmoko

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca