ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Rabu, 23 Agustus 2017

Ratusan Warga Klaten Ikuti "Tambur Perdamaian"

| 2144 Views
id Tambur perdamaian
Ratusan Warga Klaten Ikuti
Ratusan warga mengikuti acara Tambur Perdamaian di Jatinom, Klaten, Sabtu. (Foto:ANTARAJATENG.COM/Bambang Dwi Marwoto)
Klaten, ANTARA JATENG - Ratusan warga Klaten mengikuti upacara "Tambur Perdamaian" yang dipusatkan di Sendang Klampeyan, Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu.

Acara tersebut diawali dengan kirab budaya, berangkat dari Oro-Oro Yaaqowiyyu menuju Sendang Klampeyan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten yang berjarak sekitar dua kilometer.

Koordinator acara "Tambur Perdamaian", M. Ansori, mengatakan kirab budaya diawali dengan pasukan prajurit Keraton Yogyakarta yang dinamakan "bergodo", kemudian diikuti barisan masyarakat setempat dengan berbagai tampilan seni budaya lokal.

Ia mengatakan kegiatan "Tambur Perdamaian" melibatkan 400 orang berasal dari sejumlah elemen masyarakat di Jatinom dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan 2017.

"Kegiatan ini pertama kali digelar di Jatinom, ide dari Komunitas Jogo Lepen Jatinom. Seni budaya setelah dikirab setibanya di Sendang Klampeyan Jatinom akan ditampilan," katanya.

Ia mengatakan kegiatan "Tambur Perdamaian" menunjukkan bahwa umat Islam yang warga Jatinom menyambut Ramadhan dengan suka cita.

"Kami berharap masyarakat siap menghadapi Ramadhan dengan damai, dan nyaman," katanya.

Peserta kirab yang warga Jatinom, antara lain dari Mak-Mak Gaul, pegiat seni, pelajar, kelompok drum band, dan prajurit keraton, serta elemen masyarakat lainnya.

Camat Jatinom Sip Anwar mengatakan pelaksanaan "Tambur Perdamaian" bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2017 sehingga dapat membangkitkan masyarakat untuk memperkuat semangat kebersamaan.

"Kami berharap masyarakat bisa menjaga semangat kebersamaan dan perdamaian di lingkunganya masing-masing. Semangat gotong-royong terus dipupuk," katanya.

Editor: Sumarwoto

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca