ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Jumat, 23 Juni 2017

Semen Gresik Komitmen Dukung Pengembangan Pendidikan Nasional

| 312 Views
id semen gresik, pendidikan nasional
Semen Gresik Komitmen Dukung Pengembangan Pendidikan Nasional
Direktur Utama Semen Gresik Sunardi Prionomurti (kiri) bersama dengan perwakilan enam SMK binaan dari Kabupaten Rembang (Foto: ANTARAJATENG.COM/Aris Wasita Widiastuti)
Semarang, ANTARA JATENG - Perusahaan Semen Gresik berkomitmen mendukung pengembangan pendidikan nasional mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi melalui jalinan kerja sama peningkatan kompetensi.

"Sebetulnya mengenai pengembangan pendidikan sendiri bukan hal yang baru bagi Semen Indonesia Grup termasuk di dalamnya Semen Gresik karena kami selalu memberikan dukungan bagi pendidikan mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi," kata Direktur Utama Semen Gresik Sunardi Prionomurti di sela penandatanganan kerja sama dengan enam SMK binaan dari Rembang di Perusahaan Apac Inti Kabupaten Semarang, Jumat.

Enam SMK binaan dari Rembang ini yaitu SMKN 1 Rembang, SMKN 1 Gunem, SMK Annuriyah Sulang, SMK NU Lasem, SMK Muhammadiyah Rembang, dan SMK NU Pamotan.

Dia mengatakan kerja sama tersebut adalah bentuk komitmen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan seluruh anak usahanya termasuk PT Semen Gresik terhadap pengembangan pendidikan bagi warga sekitar lokasi pabrik atau perusahaan dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Menurut dia, dalam program tersebut perusahaan akan menyediakan fasilitas workshop, penyelarasan kurikulum, pembimbing hingga ujian sertifikasi.

"Ini sejalan dengan program perusahaan karena sebelumnya perusahaan sudah menjalankan ini melalui program serupa di tahun 1987 dengan nama Program LOLAPIL (Pengelolaan Keterampilan) dengan harapan dapat melahirkan lulusan-lulusan SMK yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan industri," katanya.

Upaya lain yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia (Tbk) beserta anak perusahaannya adalah melaksanakan program pemagangan yang sudah dijalankan perusahaan bagi pelajar dan mahasiswa secara simultan.

"Hanya saja, program vokasi industri ini lebih tersistem dan terstruktur dengan kurikulum yang jelas. Yang terpenting siswa usai melaksanakan program ini akan mendapatkan sertikat sebagai hasil dari uji kompetensi sesuai dengan jurusan studinya," katanya.

Sementara itu, dalam waktu dekat ini tepatnya di bulan depan pihaknya akan mendirikan Akademi Komunitas Semen Indonesia di Rembang.

"Nanti programnya D2, tujuannya adalah untuk memenuhi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri. Kemarin `launching` sudah dilakukan dengan bupati, insyaallah dalam waktu dekat dengan Kemenristekdikti," katanya.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca