ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Sabtu, 24 Juni 2017

Surakarta Gelar Parade Kebhinekaan

| 665 Views
id parade kebhinekaan, surakarta
Surakarta Gelar Parade Kebhinekaan
Kepala Dishub Kota Surakarta Hari Prihatno sedang memberkan keterangan rencana acara HUT Ketujuh Solo Car Free Day di Solo, Jumat. (Foto:ANTARAJATENG.COM/Bambang Dwi Marwoto)
Solo, ANTARA JATENG - Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Surakarta menggelar Parade Kebhinekaan 2017 dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-7 Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu (21/5).

Kepala Dishub Kota Surakarta Hari Prihatno di Solo, Jumat, mengatakan acara tersebut diikuti sekitar 3.000 peserta dari 51 kelurahan di Kota Surakarta.

"Peringatan HUT Solo CFD yang ketujuh tahun ini akan dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan bertema `Merajut Semangat Kebersamaan Dalam Kebhinekaan` dalam rangka keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Acara dipusatkan di panggung kehormaran di depan Restoran Diamond di Jalan Slamet Riyadi, mulai pukul 06.00 WIB dengan menggelar senam bersama dilanjutkan Parade Kebhinekaan.

Perwakilan dari 51 kelurahan akan tampil antara lain dengan berbagai macam seni budaya dan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Parade mulai dari Stadion Sriwedari ke barat menuju panggung kehormatan di depan Diamond Purwosari.

"Parade Kebhinekaan akan diawali dengan dua seni budaya yang berbeda, yakni tarian reog dan barongsai atau tarian tradisional dari Tiongkok yang menggambarkan kebersamaan," katanya.

Selain itu, pihaknya mengarahkan rute parade ke barat dengan tujuan menarik pengunjung CFD ke kawasan bebas kendaraan bermotor itu.

Saat peserta parade tiba di panggung kehormatan, akan digelar doa bersama dengan menghadirkan enam rohaniawan dari lintas agama, mulai dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, serta Konghucu.

"Acara itu juga dimeriahkan artis cilik pencari bakat asal Solo, Nica dengan melantunkan lagu-lagu kebangsaan, antara lain Indonesia Pusaka dan Gebyar-Gebyar," katanya.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Surakarta selaku ketua panitia kegiatan, Taufiq Muhammad, mengatakan serangkaian kegiatan HUT CFD tersebut dalam upaya meramaikan kawasan barat.

Selain itu, diluncurkan CFD di kawasan Solo timur, tepatnya di Jalan Ir Juanda Pucang Sawit, Kota Solo. Peluncuran CFD Jalan Ir Juanda sekaligus menyosialisasikan kawasannya diperpendek.

Dia mengatakan CFD Jalan Ir Juanda sebelumnya digelar sepanjang jalan tersebut sekitar tiga kilometer, dan selanjutnya diperpendek sekitar satu setengah kilometer. Hal itu, berdasarkan pertimbangan kawasannya yang dinilai terlalu panjang.

"CFD diperpendek mulai dari pertigaan Jalan Cokroaminoto hingga Pucang Sawit. Kegiatan akan dipusatkan di depan Kelurahan Pucang Sawit," kata Taufiq.

Editor: Mahmudah

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca