ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Jumat, 23 Juni 2017

Tampil Dengan Gaya Beda, Penyampaian LKPj Bupati Dinilai Memuaskan

| 176 Views
id Penyampaian LKPj Bupati, Pj Bupati Prijo Anggoro BR, Banjarnegara
Tampil Dengan Gaya Beda, Penyampaian LKPj Bupati Dinilai Memuaskan
Pj Bupati Prijo Anggoro BR, Banjarnegara. (Foto: Humas Banjarnegara)
Banjarnegara, ANTARA JATENG - Tampil dengan gaya berbeda dari penyampaikan Laporan Keterangan Pertanggujawaban (LKPj) Bupati periode sebelumnya, Pj Bupati Prijo Anggoro BR dinilai memuaskan oleh DPRD. Penuh percaya diri, Pj Bupati yang dikenal gaya bicara cablakanya ini tampil beda dengan slide LCD dalam memaparkan hasil kinerja pembangunan selama tahun 2016.

“Penyampaikan LKPj nya beda dari Bupati sebelum sebelumnya. Digunakannya paparan dan visualisasi menjadikan materi LKPj yang disampaikan menarik dan jelas untuk dipahami oleh anggota Dewan” kata Wakil Ketua DPRD, Drs. Bambang Prawoto Sutikna, A. Md., kemarin di gedung DPRD.

Kinerja menjadi jelas karena paparan membagi per bidang secara singkat, anggaran berapa dan dikerjakan untuk apa. Misalnya untuk Bidang Pekerjaan Umum. Disebutkan alokasi dana Rp 358 M. Uang itu untuk apa saja lalu dijelaskan Rp 115,M untuk program peningkatan jalan dan jembatan, Rp 163,2 M untuk program pembangunan jalan dan jembatan, dan Rp 6,2 M untuk pemeliharaan jalan.

“Paparan ini kemudian dilanjutkan dengan capaian kinerjanya dimana kondisi jalan baik meningkat sekian kilometer. Demkian juga dengan jalan rusak ringan dan rusak berat menurun sekian kilometer” katanya.

Sidang Paripurna pertama ini agendanya baru mendengarkan penyampaian LKPj Bupati. Setelah diserahkan, kata Bambang, LKPj Bupati yang terbagi dalam 36 urusan yang terdiri dari 26 urusan wajib 8 urusan pilihan akan dibahas khusus oleh 2 pansus.

“Hasil pembahasan 2 pansus ini baru akan dilaporkan pada tanggal 18 April mendatang. Biasanya dari hasil dua pansus ini akan diformulasikan menjadi rekomendasi DPRD yang isinya catatan strategis untuk perbaikan pemerintahan ke depan. Kalau sekarang ya belum ada rekomendasi apa-apa” katanya.

Pj. Bupati Prijo Anggoro BR, membawakan LKPj dengan cara paparan berupa visualisasi kegiatan dalam bentuk materi LCD yang terpampang lebar di depan forum sidang Paripurna DPRD. Isue yang selama ini popular di masyarakat seperti Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi Rakyat, dan Bidang Pekerjaan Umum mendapatkan prioritas dalam pejelasannya.

Penjelasan capaian kinerja tahun 2016 disampaikan bidang per bidang. Dimulai dari Bidang Pendidikan, capaian kinerja yang dihasilkan dari anggaran Rp 802,6 M berupa angka kelulusan 100 % untuk SMA/SMK/MA dan SMP/MTs. Sedangkan untuk SD/MI angkanya 99%. Disebut capaiannya ini melampaui target.

Bidang Kesehatan dari Rp 106,9 M alokasi APBD 2016 salah satu capaiannya adalah peningkatan jamban sehat. Dari prosentase 44,05% di tahun 2015, meningkat menjadi 48,56 % di tahun 2016. Perhatian lebih pada program  pemberian bantuan rujukan bagi masyarakat miskin dengan capaian pelayanan kesehatan dasar dan rujukan masyarakat miskin yang mencapai 100%.

Selanjutnya, penjelasan lainnya meliputi bidang kearsipan, bidang lingkungan hidup, bidang penataan ruang, bidang perencanaan pembangunan, bidang perumahan, bidang penanaman modal, bidang koperasi dan UMKM, bidang Dindukcapil, bidang ketenegakerjaan, bidang ketanahan pangan, bidang pemberdayaan perempuan dan perlindaungan anak,  bidang KB dan Keluarga Sejahtera, Bidang Perhubungan, Bidang Kominfo, Bidang Pertanahan, Bidang pemberdayaan Masyarakat, dan seterusnya. (Adv)

Editor: Nur Istibsaroh

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca