ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Jumat, 23 Juni 2017

Tol Batang-Semarang Dibuka, Pemudik Terbantu

| 152 Views
id tol batang
Tol Batang-Semarang Dibuka, Pemudik Terbantu
Jalan Tol Batang-Semarang tampak sedang dalam pengerjaan di Gringsing, Batang, Jawa Tengah, Sabtu (27/5/2017). PT Jasa Marga Semarang Batang (JSB) menyatakan Tol Batang-Semarang akan siap digunakan untuk mudik Lebaran 2017 secara fungsional hanya sampai Gringsing, Batang, Jawa Tengah atau sekitar 40 kilometer. (ANTARA /Hafidz Mubarak A)
Batang, ANTARA JATENG - Pemudik berkendara yang melalui jalur fungsional Tol Batang-Semarang mengaku terbantu dengan difungsikannya jalur bebas hambatan itu karena mereka tidak terjebak dalam kemacetan di jalur pantai utara (pantura) dan memperpendek jarak tempuh.

"Di bukanya jalan fungsional Tol Batang-Semarang sangat membantu pemudik berkendaraan karena pada Lebaran tahun sebelumnya banyak kendaraan terjebak macet di pantura," kata pemudik Amir Tohar (38) di res area Juragan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa.

Pemudik asal Salatiga itu mengatakan bahwa dirinya bersama keluarganya mencoba menggunakan jalur fungsional Tol Pemalang-Batang dan Batang Semarang sebagai upaya menghindari kemacetan di jalur pantura.

Jalur Tol Batang-Semarang ini, menurut dia, sudah relatif cukup membantu pemudik berkendara dari arah barat (Jakarta) menuju ke timur (Semarang).

"Meski kondisi tol ini masih berdebu dan tanpa pembatas jalan, kami merasa terbantu karena selain menghindari kepadatan arus lalu lintas di jalur pantura juga memperpendek jarak tempuh," katanya.

Pemudik Edo Sulin mengatakan bahwa jalur fungsional Batang-Semarang sudah relatif bagus karena selain sudah dilengkapi rest area juga adanya pelayanan petugas keamanan yang membimbing pemudik saat menemukan kesulitan.

"Fasilitas rest area yang disediakan sudah relatif cukup bagus meski bersifat sementara. Kami juga bisa sempet istirahat tidur dan keramahan pelayanan petugas keamanan," katanya.

Kepala Urusan Mitra Subdit Humas Polda Jawa Tengah Kompol Priyono Teguh Widiatmoko mengatakan bahwa ruas Tol Batang-Semarang memang belum operasional. Namun, hanya difungsional untuk kepentingan pemudik.

"Oleh karena itu, masih banyak kekurangan. Kendati demikian, kami akan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik," katanya.

Ia yang didamping Kepala Subhumas Polres Batang AKP Warsito mengatakan bahwa hingga ada ada permasalahan bagi pemudik ketika melintasi jalur Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.

"Fungsi kami sebagai petugas memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengamankan kondisi jalur arus mudik agar pemudik bisa lancar, nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan," katanya.

Editor: Zuhdiar Laeis

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca